Joe Biden Beri Selamat HUT RI Ke-77 Ke Jokowi

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 77 ke Jokowi untuk Indonesia.

Joe Biden Beri Selamat HUT RI Ke-77 Ke Jokowi
Joe Biden beri selamat HUT RI ke-77 ke Jokowi. Gambar : Reuters.com

BaperaNews - Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberi ucapan selamat kepada Jokowi dan Indonesia pada HUT RI yang ke-77 pada Rabu (17/8). Biden memamerkan foto bahwa Indonesia dan AS memiliki moto yang sama untuk menjunjung tinggi persatuan.

Ucapan Biden disampaikan dalam pesan tertulis yang disampaikan oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Selasa (16/7/2022).

“Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia saat Anda merayakan Kemerdekaan bangsa Anda pada 17 Agustus” ujar Joe Biden.

“Sebagai dua Negara demokrasi terbesar dunia, AS dan Indonesia merayakan tonggak sejarah ini di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun atas visi bersama bernama Bhinneka Tunggal Ika dan E Pluribus Unum” tambahnya.

Joe Biden menyebut, kedua moto milik Indonesia dan AS tersebut menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan kehidupan masyarakat yang beragam. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda namun tetap satu jua.

Sedangkan E Pluribus Unum artinya meski beragam namun  tetap satu. Joe Biden juga mengungkap harapannya agar kerjasama Indonesia dan AS bisa terus menguat.

Baca Juga : Sejarah Dan Makna Bendera Merah Putih Indonesia

“Pada hari kemerdekaan ini, saya menantikan semua yang akan dilakukan kedua negara kita bersama untuk memajukan komitmen bersama kita terhadap demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo Pasifik yang damai, tangguh, dan sejahtera. Amerika Serikat ikut merayakan hari menggembirakan ini bersama Anda Pak Jokowi sebagai teman dan mitra strategis” pungkasnya.

Jokowi dan Joe Biden memiliki hubungan yang baik, begitu pula dengan Indonesia dan Amerika Serikat. Pada tiap kesempatan pertemuan keduanya, Jokowi dan Biden terlihat dekat, begitupun kerjasama Indonesia dan AS terus dikembangkan dalam berbagai bidang.

Jokowi dan Biden sempat bertemu di Gedung Putih, Washington DC pada Kamis (12/5) lalu dalam rangka pertemuan para pemimpin Negara ASEAN. Kehadiran Jokowi langsung disambut oleh Biden, keduanya kemudian bersalaman, foto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Momen hangat terjadi antara keduanya seperti saling toast, mengobrol bersama, hingga tertawa bersama. Meski AS sempat tegang karena Indonesia tetap mengundang Rusia di Presidensi G20 Bali, namun AS tetap berhubungan baik dengan Indonesia.

Pada buku tamu yang dikhususkan untuk Jokowi, Jokowi juga menuliskan kata “See you in Bali for G20” untuk Joe Biden.

Baca Juga : Ini Alasan Soekarno Pilih Tanggal 17 Agustus Sebagai Hari Kemerdekaan