Jangan Sampai Lengah, BMKG Beri Peringatan ke Sejumlah Provinsi

BMKG beri peringatan untuk sejumlah Provinsi, Perubahan Cuaca Esktrim secara tiba-tiba perlu dikhawatirkan

Jangan Sampai Lengah, BMKG Beri Peringatan ke Sejumlah Provinsi

BaperaNews - Peringatan terhadap beberapa provinsi diberikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) perihal perubahan cuaca ekstrim yang terjadi tiba – tiba. Pihaknya mengungkapkan beberapa prediksi cuaca yang akan dialami oleh beberapa provinsi agar tetap waspada meski cuaca diprediksi cerah

Informasi yang diberikan ini berdasarkan dengan data yang diunggah laman website resmi BMKG yakni bmkg.go.id. 

Beberapa daerah yang diprediksi akan mengalami cuaca cerah antara lain seperti Jayapura, Manado, Palu, Mataram, Banjarmasin, Gorontalo, Padang, Lampung, Bandung, Semarang, Serang, Banda Aceh. Kemudian akan disusul 2 daerah lain yakni Kupang dan Surabaya.

Terdapat 3 daerah yang diperkirakan akan mengalami hujan ringan seperti Kendari, Tanjung Selor dan juga Denpasar. Kemudian daerah yang diperkirakan akan mengalami cuaca berawan tebal hanya daerah Ambon saja.

Selanjutnya juga ada daerah Pontianak yang diperkirakan akan mengalami cuaca hujan petir. Dan ada juga daerah yang diperkirakan akan mengalami hujan deras yakni daerah Mamuju.

Sedangkan daerah yang diperkirakan akan mengalami cuaca berkabut antara lain Samarinda, Palembang dan Jambi. 

Ada juga beberapa daerah yang diperkirakan akan mengalami cuaca berawan seperti Manokwari, Makassar, Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Palangkaraya, Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bengkulu.

Beragamnya perkiraan cuaca yang dialami beberapa daerah di berbagai belahan bagian Indonesia, wajib menjadi perhatian masing – masing provinsi agar selalu waspada terhadap perubahan cuaca ekstrim yang sekarang ini sering terjadi. Yang awalnya diperkirakan mengalami cuaca cerah secara tiba – tiba mendung dan hujan deras.

Dengan kewaspadaan dan sadar akan perubahan cuaca tersebut, diharapkan kita semua bisa membantu meminimalisir dampak dari beragam bencana yang bisa terjadi kapan saja. Terlebih lagi di Indonesia banyak daerah yang memiliki resiko terhadap terjadinya bencana alam.

Kesadaran diri dari masing – masing individu akan sangat membantu dalam rangka pencegahan terjadinya bencana sedini mungkin sehingga dampak yang diakibatkan pun bisa diminimalisir. Mengingat sebentar lagi seharusnya akan masuk ke musim penghujan.

Untuk update informasi perkiraan cuaca akurat yang disediakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bisa langsung mengaksesnya ke laman website resmi BMKG. Selain akun resmi BMKG, kevalidan datanya masih dipertanyakan.