Hore! Google Photos Kini Bisa Backup Foto RAW

Google Photos memudahkan pengguna untuk mencadangkan dan mengakses foto berformat RAW dari aplikasi mobile.

Hore! Google Photos Kini Bisa Backup Foto RAW
Hore! Google Photos Kini Bisa Backup Foto RAW. Gambar: Blog Google

BaperaNews - Google telah menghadirkan fitur baru yang memungkinkan Anda mencadangkan foto berformat RAW langsung dari aplikasi mobile Google Photos.

Format foto RAW adalah format foto yang dihasilkan langsung dari sensor kamera, dan umumnya digunakan oleh fotografer profesional karena memungkinkan proses penyuntingan (editing) yang lebih maksimal. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan menyimpan foto berformat RAW di Google Photos bersama dengan format JPEG dan PNG.

Pengumuman fitur ini disambut antusias oleh komunitas fotografi dan pengguna Google Photos. Selain memungkinkan pengguna mencadangkan foto RAW, Google juga memberi kontrol kepada pengguna untuk memutuskan apakah ingin mencadangkan foto di galeri secara otomatis atau tidak.

Pengguna dapat memilih foto yang ingin dicadangkan secara spesifik atau menonaktifkan fitur backup otomatis jika diinginkan.

Baca Juga : Buntut Perang Hamas-Israel, Google Matikan Fitur Maps di Gaza

Meskipun fitur backup foto RAW ini sudah tersedia untuk pengguna Android dan iOS, namun fitur tersebut masih belum tersedia di Indonesia. Google Photos pengguna di Indonesia mungkin perlu bersabar sejenak sambil menunggu fitur ini diluncurkan secara resmi di negara ini.

Namun, perlu diingat bahwa format foto RAW memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada format JPEG, dan dengan kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan Google terbatas hingga 15 GB, pengguna mungkin akan menghadapi batasan penyimpanan jika mencadangkan banyak foto RAW.

Untuk pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan tambahan, Google menyediakan layanan langganan cloud melalui Google One dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kapasitas yang diinginkan.

Baca Juga : Cara Simpan Chat WhatsApp Web di Google Drive Agar Lebih Aman