Hong Kong Beri 500 Ribu Tiket Pesawat Gratis Untuk Bangkitkan Pariwisata

Akibat pembatasan ketat pandemi Covid-19, Hong Kong hidupkan kembali Kota-kotanya dengan beri 500 ribu tiket pesawat gratis untuk turis lokal dan mancanegara.

Hong Kong Beri 500 Ribu Tiket Pesawat Gratis Untuk Bangkitkan Pariwisata
Hong Kong beri 500 Ribu tiket pesawat gratis. Gambar : REUTERS/Tyrone Siu

BaperaNews - Hong Kong bersiap memberi 500 ribu tiket pesawat gratis untuk turis lokal dan mancanegara demi menghidupkan kembali wisata-wisata di kota yang sempat terpukul akibat kebijakan pembatasan ketat pandemi Covid-19. Kalangan industri dan hiburan di kota-kota tersebut seolah jadi lesu dan bersikap masa bodoh. Hal ini pun berdampak pada pendapatan Negara secara keseluruhan.

Hong Kong menyiapkan dana US$ 255 juta atau Rp 2,4 Triliun untuk menghidupkan kembali kota-kotanya, meski saat ini pembatasan akibat Covid-19 masih dilakukan. Hong Kong disebut menjadi Negara dengan pembatasan Covid-19 paling ketat di seluruh dunia.

Pebisnis lokal bernama Paul Chan yang sebelumnya menjalankan usaha jasa tur menyebut dirinya menerima upaya apapun yang diberi pemerintah. Namun menurutnya, memberi tiket pesawat gratis saja tidak cukup untuk bisa kembali menarik wisatawan.

“Membagi tiket pesawat gratis adalah hal yang baik, tapi saya ingin tahu lebih banyak siapa yang diberikan tiket, apakah maskapai bisa mengaturnya, apakah mereka yang beruntung terbang gratis ke Hong Kong akan tinggal disini dalam waktu lama. Dibutuhkan lebih dari tiket gratis” tuturnya.

Baca Juga : Garuda Indonesia Travel Fair 2022, Diskon Tiket Pesawat Hingga 80%

Tentu wisatawan juga butuh biaya hidup selama berlibur di Hong Kong. Sedangkan otoritas bandara Hong Kong (AAHK) menyebut tiket gratis tersebut akan diberikan oleh maskapai penerbangan yang memusatkan operasionalnya di Hongkong diantaranya Hong Kong Airlines dan Hong Kong Express.

Maskapai tersebut mengoperasikan rute ke China, Asia Tenggara, dan jepang. “Tiket diberikan kepada turis global dan penduduk Hong Kong ketika pandemi berakhir. Semuanya menjadi sulit, kami harus beradaptasi ketika turis-turis hilang. Untungnya kami mampu bertahan, tiket gratis ini diharapkan menarik untuk pelancong dan mereka bisa berbelanja disini” bunyi pengumuman pemerintah setempat.

Mulai 23 September 2022, Hong Kong mulai melonggarkan aturannya, tidak ada lagi wajib karantina bagi turis asing yang datang asalkan hasil tes Covid-19 negatif, efeknya cukup bisa dirasakan.

Pebisnis lokal lain bernama Moon Tsui menyebut hal itu cukup membantu untuk kembali menaikkan bisnisnya.

“Amat sepi bagi saya selama dua tahun lebih, tapi saya mendapat telepon tentang ini dan saya merasa semua bisa terbuka. Saya yakin membagikan tiket pesawat gratis bisa menarik banyak orang. Yang terpenting juga kebijakan karantina” tuturnya.

Reaksi Industri Penerbangan Hong Kong

Frankie Chow, salah satu pemilik agen perjalanan Hong Kong mengatakan “Kami siap untuk menyambut lebih banyak orang datang ke Hong Kong, kami sudah lama menunggu masa ini selama tiga tahun, tiga tahun lalu adalah momen sulit untuk kami” ucapnya.

Bos Asosiasi Pemilik Agen Perjalanan Hong Kong Freddy Yip juga menyambut baik. “Kebijakan ini pertanda baik, tapi harus ada subsidi dan konsesi untuk penerbangan tambahan” pungkasnya.

Baca Juga : Raditya Dika Gelar Tur Cerita Cintaku 2022: Jadwal dan Cara Beli Tiket