Heboh Penemuan 16 Al-Qur'an Terbungkus Daun di Saluran Irigasi Lumajang

Penemuan 16 Al Qur'an dibuang di saluran irigasi Desa Oro-Oro Ombo, Lumajang, menggemparkan warga.

Heboh Penemuan 16 Al-Qur'an Terbungkus Daun di Saluran Irigasi Lumajang
Heboh Penemuan 16 Al-Qur'an Terbungkus Daun di Saluran Irigasi Lumajang. Gambar : DetikJatim/Dok. Nur Hadi Wicaksono

BaperaNews - Warga Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo. Lumajang, Jawa Timur digegerkan dengan penemuan Al Qur’an dibuang.

Sebanyak 16 Al Qur’an dibungkus daun ditemukan oleh warga bernama Sugeng (50) di saluran irigasi desa setempat pada hari Jumat (25/8).

Kala itu, Sugeng mengeruk lumpur dengan tangan hendak merendam bibit padi di saluran irigasi, ia terkejut menemukan kain berisi kitab Al Qur’an. Ia pun pulang dan memberitahu anaknya.

Bungkusan Al Qur’an dibungkus daun baru ditangkap sore harinya pukul 15.00 WIB bersama warga sekitar. Saluran irigasi berada di rumpun bambu yang lebat yang juga sering dipakai warga untuk mandi. Al Qur’an dibungkus daun ditemukan di pojokan dengan ditimbun batu.

“Saya mau rendam bibit awalnya. Kan dikeruk, taunya ada bungkusan kain sudah tertutup lumpur. Saya buka isinya Al Qur’an. Saya takut jadi saya pulang kasih tahu anak saya baru sorenya diambil warga. Al Qur’an dibungkus daun ditindih pakai batu. Totalnya ada 16” kata Sugeng.

Penemuan Al Qur’an dibuang diabadikan di kamera warga. Nampak kitab suci umat islam itu dibungkus kain pakaian jubah wanita dan bagian dalamnya dibungkus lagi dengan kain sarung. Hal yang janggal ialah di Juz 15 seluruhnya diikat dengan daun salak muda. 

Baca Juga : Heboh! Aksi Pembakaran Al Quran di Swedia Timbulkan Kerugian Hingga Rp 3 Miliar

Al Qur’an di Mushala Desa Hilang

Diduga Al Qur’an yang dibuang adalah Al Qur’an yang dicuri dari mushola desa setempat sebab beberapa hari sebelum kejadian sejumlah Al Qur’an di mushola desa hilang bahkan ada yang rusak pintunya. Mushola yang kehilangan Al Qur’an berada sekitar 100 meter dari saluran irigasi.

“Disini ada 4 titik, 3 mushola yang satunya makam. Yang makam itu hilangnya bareng sama penemuan Al Qur’an dibuang. Sebelumnya waktu ada Al Qur’an hilang warga tidak ada yang curiga, ngiranya dipinjam orang lain. Tau-tau ketemu di sungai ini” sambung warga lain bernama Umar Faruq.

Belum diketahui siapa yang mencuri Al Qur’an di mushala dan kemudian membuangnya ke saluran irigasi. Pihak desa setempat akan melakukan pengawasan lebih ketat agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Kasus ini belum dilaporkan ke aparat kepolisian berwenang Lumajang, kasus masih ditangani dan diselidiki sendiri oleh warga Desa Oro-Oro Ombo Lumajang.

@baperanews.com Warga Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo. Lumajang, Jawa Timur digegerkan dengan penemuan Al Qur’an dibuang #alquran #dibuang #beritterkini #baperanews ♬ Do'aku - Haddad Alwi

Baca Juga : Wow! Balita Ini Hafal Isi Ayat Al Quran dan Artinya