Heboh Kemunculan Ikan Kiamat Yang Ditemukan di Laut Taiwan

Video kemunculan ikan oarfish di laut Taiwan menjadi viral di media sosial, mengundang perbincangan netizen.

Heboh Kemunculan Ikan Kiamat Yang Ditemukan di Laut Taiwan
Heboh Kemunculan Ikan Kiamat Yang Ditemukan di Laut Taiwan. Gambar : Instagram/chengruwang

BaperaNews - Ramai di media sosial video kemunculan ikan oarfish di laut Taiwan. Ikan oarfish disebut sebagai ikan kiamat atau sebagai pertanda hari kiamat makin dekat.

Ikan oarfish sendiri ialah ikan langka. Sayangnya, kemunculan ikan ini dianggap sebagai tanda kesialan, bencana hingga kiamat.

“Merinding guys, aku search emang bener. Katanya kalau ada kemunculan ikan oarfish, ikan kiamat ini maka ada sesuatu. Btw kemunculan ikan oarfish di laut Taiwan ya” tulis akun Twitter @tanyarlfes disertai video.

Warganet lainnya pun menanggapi beragam, ada yang serius dan kocak.

“Senyum dong ikan” komentar @sca**.

“Ikan oarfish hidupnya di laut dalam, kalau muncul tandanya dia sedang healing” komentar @waw**.

“Ini kepercayaan di Jepang kalau ikan oarfish muncul mau ada tsunami” komentar @wuj**.

Ikan oarfish baru-baru ini memang dikabarkan muncul di permukaan laut Taiwan, padahal ikan ini biasa hidup di laut dalam di kedalaman 200-1.000 kaki di bawah permukaan air laut. Ikan berwarna perak bertubuh panjang itu oleh warga dari berbagai dunia memang dianggap sebagai tanda akan datangnya bencana alam tsunami.

Sementara di video, kemunculan ikan oarfish di laut Taiwan yang dijuluki ikan kiamat ini kondisinya terluka. 

Baca Juga : Masyarakat Jepang Geger Usai Temukan Bola Besi Misterius di Pantai Enshu

“Banyak hewan liar saya temukan di lepas pantai timur laut Taiwan. Namun ini adalah pertemuan pertama saya dengan ikan oarfish raksasa” kata anggota kelompok penyelam Ruifang Taiwan, Wang Cheng Ru.

Ikan oarfish seharusnya ditemukan di kedalaman 700 kaki bahkan bisa 3.280 kaki. Ikan oarfish yang ditemukan punya ciri tubuh khas berupa kulit tidak bersisik dan warna kulit keperakan. Tubuhnya padat dan memanjang.

Konon, jarang sekali menemukan ikan oarfish di laut dangkal dalam keadaan hidup. Jika bertemu mereka di laut dalam pun tidak bahaya sebab mereka hanya makan plankton dan tidak memiliki gigi. Ikan oarfish sering jadi inspirasi dan digambarkan sebagai monster laut padahal tidak ada temuan apapun tentang bahaya yang ditimbulkan ikan oarfish.

Profesor Ilmu Perikanan Kagoshima University Jepang, Hiroyuki Motomura menegaskan hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah bahwa kemunculan ikan oarfish di laut dangkal adalah pertanda bencana atau kesialan.

“Tidak ada bukti sainsnya antara ikan oarfish dan bencana, jadi sebaiknya masyarakat tidak perlu khawatir. Mereka muncul ke permukaan hanya karena kondisi habitatnya sedang buruk sehingga mencari tempat yang lebih aman. Sebab itulah mereka kadang ditemukan manusia dalam keadaan luka atau tidak bernyawa” kata Hiroyuki.

Sedangkan rumor ikan oarfish adalah ikan kiamat. Namun, belum ada pemuka agama dari agama apapun yang menjelaskannya menurut dasar agama. Belum diketahui apa menurut agama tertentu, ikan oarfish ini adalah pertanda kiamat telah dekat.

Baca Juga : 50 Paus Pilot Mati Terdampar di Laut Australia