Heboh Intel Nyamar Jadi Wartawan, Kini Iptu Umbaran Wibowo Dilantik Jadi Kapolsek

Iptu Umbaran Wibowo telah resmi dilantik menjadi Kapolsek Kradenan, usai selama 14 tahun nyamar menjadi wartawan untuk memenuhi tugasnya sebagai intel polisi.

Heboh Intel Nyamar Jadi Wartawan, Kini Iptu Umbaran Wibowo Dilantik Jadi Kapolsek
Iptu Umbaran Wibowo dilantik jadi Kapolsek usai menjadi intel nyamar jadi wartawan. Gambar : suara.com

BaperaNews - Pelantikan Umbaran Wibowo sebagai Kapolsek Kradenan, Blora pada Senin (12/12) membuat heboh publik. Pasalnya Umbaran Wibowo, sekian lama dikenal sebagai Jurnalis Media dan bersertifikat Dewan Pers, sebagai Wartawan Madya dengan nomor anggota 8953-PWI/WDya/DP/I/2018/19/10/84.

Kalangan awak media selama ini mengenal Umbaran Wibowo sebagai kontributor TVRI Jawa Tengah. Namun tak diduga ternyata Umbaran Wibowo berpangkat Iptu, dan selama hampir 14 tahun menyamar sebagai wartawan karena tugas intelijennya.

Umbaran Wibowo diketahui sudah tidak aktif alias mengundurkan diri sebagai wartawan sejak 2021 setelah dilantik menjadi Wakapolsek Blora.

Baca Juga : Naas, Pemuda Bekasi Tewas Tersengat Listrik Saat Cuci Sepeda

Mabes Polri Buka Suara Soal Intel Yang Menyamar Jadi Wartawan

Polri langsung merespon pemberitaan media tersebut, Melalui Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan kepada wartawan pada Kamis (15/12). bahwa Polri akan melakukan kordinasi terlebih dahulu dengan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi ataupun pejabat lainnya.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menambahkan bahwa setiap rotasi jabatan tentunya melalui proses asesmen. Proses ini katanya, dipantau oleh Wakapolda.

Iptu Umbaran Wibowo Beri Penjelasan

Dikutip dari detikJateng, saat ditemui pada Senin (12/12), Iptu Umbaran Wibowo membenarkan dirinya pernah aktif menjadi wartawan, Dia menjelaskan bahwa itu merupakan bagian dari tugas dan perintah pimpinan.

"Mengenai saya yang dulu pernah aktif di media sebagai jurnalis, itu adalah bagian dari pelaksanaan tugas dan perintah atasan," katanya menjelaskan.

Baca Juga : Viral Seorang Warga NTT Nyaris Makan Jari Manusia Di Sayur Lodeh

Dihubungi secara terpisah, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy mengkorfimasi bahwa Iptu Umbaran Wibowo pernah bekerja sebagai wartawan untuk wilayah Pati.

"Iptu Umbaran Wibowo memang betul anggota Polri dan benar pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jateng untuk wilayah Pati," katanya saat dihubungi awak media, Rabu (14/12)

Sementara TVRI ikut buka suara mengenai hal ini, Direktur Utama TVRI Iman Brotoseno pada Rabu (14/12) menjelaskan bahwa TVRI Jawa Tengah tidak tahu kalau Umbaran Wibowo adalah intel polisi.

Iman Brotoseno menjelaskan, selama menjadi kontributor, Umbaran Wibowo tidak memiliki kewajiban untuk hadir di kantor. Tak hanya sebagai wartawan, Umbaran Wibowo juga dikenal sebagai Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Blora.

Pihak Polda Jateng bantah berita pemecatan Umbaran Wibowo

Sementara yang terbaru, ada berita di media online yang mengabarkan tentang pemecatan Kapolres Umbaran Wibowo setelah beritanya menjadi viral, bahwa yang bersangkutan sebelumnya seorang wartawan.

Pihak Polda Jateng telah mengkorfimasi bahwa berita itu tidak benar, Iptu Umbaran Wibowo hingga kini masih menjabat sebagai Kapolsek Kradenan di Blora, Jawa Tengah.

"Bersama ini disampaikan, isu pencopotan yang bersangkutan dari jabatannya selaku Kapolsek tidak benar," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy pada Rabu (14/12).

Iqbal Alqudusy menjelaskan bahwa memang Iptu Umbaran Wibowo pernah melaksanakan tugas intelijen di wilayah Blora. Pada Januari 2021, karena penugasan tersebut telah selesai.

Iptu Umbaran Wibowo dipindah menjadi organik Polres Blora sebagai Kanit Intel yang kemudian selanjutnya ditunjuk sebagai Wakapolsek Blora. Karena Prestasinya, Kariernya kemudian terus melesat hingga akhirnya Umbaran dipilih sebagai Kapolsek Kradenan pada 12 Desember 2022 lalu.

Baca Juga : Kasus Pelecehan Seksual Di Gundar Diselesaikan Secara Kekeluargaan