Viral Video Mobil Terbakar di SPBU, Diduga Salah Isi Jenis BBM

Video mobil terbakar di SPBU beredar, banyak dugaan yang beredar bila mobil tersebut salah mengisi jenis bensin (BBM).

Viral Video Mobil Terbakar di SPBU, Diduga Salah Isi Jenis BBM
Viral Video Mobil Terbakar di SPBU Diduga Gara Gara Salah Isi BBM. Gambar : Tiktok/rezaelhakim

BaperaNews - Beredar video sebuah mobil terbakar di SPBU Jalan Muhammad Hasan Desa Batoh Banda Aceh, video pertama kali diunggah oleh akun TikTok @rezael**. Dijelaskan bahwa kebakaran dimobil membuat SPBU ikut terbakar, penyebab diduga karena salah ketika mengisi bahan bakar yang seharusnya solar diisi dengan pertalite.

“Akibat ngisi pertalite padahal mobil solar, katanya mobil panther diisi partalite, sangat mencurigakan” tulisnya.

Terkait insiden ini, Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman menyatakan belum mengetahui sebab pasti dari kejadian mobil terbakar tersebut, penyebab masih diselidiki oleh pihak berwenang, “Penyebab masih dalam investigasi pihak berwenang” ujarnya hari Kamis 26 Mei 2022.

Meski belum diketahui sebab resmi dari kebakaran, ada baiknya pemilik kendaraan memahami tentang pengisian bensin di mobil diesel.

Service Head Auto 2000 Bekasi, Agung Nugraha menjelaskan, mesin diesel memang punya karakter yang berbeda dengan mesin bensin, tidak boleh salah memakai atau memberi bahan bakar. “Mesin bensin memakai bensin untuk proses pembakaran yang disebut busi / spark plug, sedangkan mesin diesel punya cara kerja melakukan kompresi pada udara. Selanjutnya, udara dari tekanan tinggi dan suhu tinggi dipicu pembakaran dengan solar” ujarnya.

Baca Juga : Pamer Payudara Di Video Tiktok, Wanita Berhijab Di Kecam Netizen

Jika salah mengisi bahan bakar, maka mesin tidak akan bisa bekerja, akan mogok dan harus dikuras tangki hingga saluran-salurannya. Selain itu juga ada komponen penting seperti nozzle dan pump yang akan mengalami kerusakan dan harus diganti baru jika sudah tak bisa diperbaiki lagi sebab keduanya bergerak dan berputar dengan memakai pelumas yang ada di solar.

“Kalau sampai mogok artinya mobil harus diderek ke bengkel untuk dibersihkan salurannya termasuk kuras tangki” imbuhnya.

Maka untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya pemilik kendaraan lebih teliti ketika mengisi bahan bakar, biasanya di bagian tutup bahan bakar ada tulisannya, jenis bahan bakar apa yang harus dipakai sehingga bisa mencegah kesalahan.

Hingga berita ini disampaikan, belum ada keterangan dari pihak kepolisian setempat terkait sebab dari kejadian mobil terbakar tersebut, pihak berwenang maupun pihak SPBU juga belum mengetahui apakah memang kebakaran terjadi karena salah isi jenis bahan bakar sebagaimana berita yang beredar.