Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di Makam BJ Habibie hingga Pahlawan Revolusi

Presiden Jokowi beserta pejabat-pejabat tinggi melakakukan upacara di taman pahlawan untuk memperingati hari pahlawan dan menabur bunga di makam BJ Habibie hingga makam pahlawan revolusi.

Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di Makam BJ Habibie hingga Pahlawan Revolusi
Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di Makam BJ Habibie hingga Pahlawan Revolusi . Gambar : ANTARA / Widodo S. Jusuf

BaperaNews - Presiden Jokowi hari ini berkunjung ke Taman Makam Pahlawan dan melakukan tabur bunga ke makam para pahlawan nasional usai menjadi inspektur upacara. Upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi hari ini adalah untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional pada tanggal 10 November 2021.

Tak hanya Presiden Jokowi saja yang melakukan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, namun sejumlah pejabat tinggi negara juga ikut serta melakukan tabur bunga. Pejabat – pejabat tersebut antara lain seperti Puan Maharani (Ketua DPR RI), Tri Rismaharini (Menteri Sosial), Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama), dan Ma’ruf Amin (Wakil Presiden RI).

Heru Budi Hartono (Kepala Sekretariat Presiden) memberikan keterangannya bahwa, Presiden Jokowi melakukan tabur bunga di sejumlah titik pada beberapa makam pahlawan.

“Makam pertama yang disambangi oleh Presiden Jokowi adalah makam almarhum BJ Habibie dan makam almarhumah Ainun Habibie yang berlokasi di blok M-120 dan 121. Kemudian berlanjut ke makam Taufik Kiemas yang berlokasi di blok M-114, ke makam almarhumah Ani Yudhoyono yang berlokasi di blok M-129,” kata Heru Budi Hartono (Kepala Sekretariat Presiden).

Beberapa makam yang turut dikunjungi Presiden Jokowi antara lain makam almarhum Umar Wirahadikusumah (Wakil Presiden RI Keempat) yang berlokasi di blok M-102, makam almarhum Soedarmono (Wakil Presiden RI Kelima) yang berlokasi di blok M-107, makam almarhum Adam Malik (Wakil Presiden RI Ketiga) yang berada di blok E-119A.

“Kemudian untuk area makam pahlawan revolusi yang dikunjungi Presiden Jokowi dengan pangkat paling rendah yang berada di Blok E-79 hingga blok E-83. Ada juga makam pahlawan yang identitasnya tidak dikenal turut dikunjungi Presiden Jokowi yang berlokasi di blok M-59 hingga blok M-62,” tambah Heru Budi Hartono (Kepala Sekretariat Presiden).

Upacara dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Nasional tersebut mulai dilaksanakan pada pukul 08.14 WIB. Acara peringatan tersebut diawali dengan penyampaian laporan kepada Presiden Jokowi selaku inspektur upacara. Mengheningkan cipta bersama – sama menjadi acara selanjutnya untuk menghormati para pahlawan – pahlawan terdahulu.

Tidak lupa Presiden Jokowi juga tampak meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata yang bertuliskan pesan “Pahlawanku Inspirasiku”.