Gulungan Kulit Kabel di Gorong - Gorong Kemayoran Capai Puluhan Kilogram

Satuan Tugas Suku Dinas Jakarta Pusat menemukan puluhan kilogram gulungan kulit kabel di gorong-gorong saluran air yang berada di Jl. Bungur Besar Raya Kemayoran Jakpus pada Kamis (20/1/22).

Gulungan Kulit Kabel di Gorong - Gorong Kemayoran Capai Puluhan Kilogram
Gulungan Kulit Kabel di Gorong – Gorong Kemayoran Capai Puluhan Kilogram. Gambar : ANTARA FOTO/ Dok. Wahyu Putro

BaperaNews - Satuan Tugas Suku Dinas Jakarta Pusat menemukan berpuluh - puluh kilo gulungan kulit kabel di gorong-gorong saluran air yang berada di Jl. Bungur Besar Raya Kemayoran Jakpus pada Kamis 20 Januari 2022, salah satu petugas dari Bina Marga tersebut bernama Supangat mengatakan penemuan gulungan kulit kabel itu terjadi dari laporan warga yang menemukan ada jalan amblas.

Setelah diperiksa, ternyata ada gorong - gorong di bawah jalan tersebut. “Dan waktu kita buka itu gorong-gorongnya, ternyata disitu disembunyikan puluhan kilo gulungan kulit kabel, langsung kita keluarkan dari saluran dan gulungan kulit kabel tersebut ditampung di truk Bina Marga dan dibawa ke unit Alkal Kemayoran” jelasnya.

Gulungan kulit kabel yang ditemukan itu sama dengan yang pernah ditemukan di Jl. Merdeka Selatan tahun 2016 saat Ahok masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakpus, Supriyadi menjelaskan timnya sudah rutin membersihkan saluran air namun selama ini belum pernah menemukan gulungan kulit kabel, timnya bahkan sudah sering mengeruk saluran air dan hanya menemukan tumpukan sampah.

“Baru kali ini ditemukan gulungan kulit kabel, tahun lalu tidak ada, kita sudah rutin lakukan pengerukan dan tidak pernah menemukan gulungan kulit kabel, biasanya hanya tumpukan sampah. Ini jelas ada yang mencuri tembaga dan mencuri instalasi kabel di saluran air dan kulitnya disisakan, pasti pencurinya ada, karena sebelumnya ada yang pernah info ada orang yang masuk ke dalam saluran itu” jelasnya.

Pada tahun 2021 silam, saat petugas juga menemukan gulungan kulit kabel di gorong - gorong, Ahok langsung meminta polisi menyelidiki asal gulungan kulit kabel tersebut yang diduga disabotase karena kawasan tersebut saat itu banjir, Supriyadi menyatakan kemungkinan besar kasus kali ini sama, ada pihak yang dengan sengaja mencuri dan mencari waktu yang tepat seperti pada tengah malam di saat sepi untuk melancarkan aksinya.

Pada bulan April 2021 lalu juga ada pencurian kabel LRT yang ternyata dilakukan oleh salah seorang pekerja proyek berinisial M dan kasusnya sudah selesai, pelaku sudah mendapat hukuman. Kini kasus yang sama terulang kembali dan polisi kembali menyelidiki untuk menemukan pelakunya, menandakan hal seperti ini belum menyimpan efek jera pada para pencuri.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Antara Truk Dengan Pengendara Mobil Dan Motor Di Lampu Merah Balikpapan