Gibran Bersama Pemkot Tangerang Gelar Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis (MBG)

Pemkot Tangerang mengadakan uji coba program Makan Bergizi Gratis (MBG) untuk 32.981 siswa di 36 sekolah, dihadiri oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Gibran Bersama Pemkot Tangerang Gelar Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis (MBG)
Gibran Bersama Pemkot Tangerang Gelar Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis (MBG) . Gambar : Kolase Tangkapan Layar Instagram/@tangerangkabarku

BaperaNews - Pada 5 Agustus hingga 9 Agustus 2024 mendatang, Pemkot Tangerang mengadakan uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG), yang digagas oleh Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029. Program ini menyasar 32.981 siswa di 36 sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Tangerang.

Uji coba ini secara resmi diluncurkan dengan kehadiran Wakil Presiden Republik Indonesia Terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka. Dalam pelaksanaan program di SDN 4 Tangerang dan SMPN 13 Tangerang, Gibran meninjau langsung dari kelas ke kelas dan turut berpartisipasi makan bersama anak-anak.

"Alhamdulillah hari ini di Kota Tangerang sudah sesuai, mengikuti saran dari ahli gizi, susu dan makan siangnya diberikan jeda," ungkap Gibran. 

"Ini telah sesuai dengan masukan dari para ahli gizi, berbeda dengan daerah lainnya, makan dan minum susunya terdapat jeda waktu. Lalu, di sini juga telah menggunakan wadah makan (packaging) yang ramah lingkungan atau bukan sekali pakai," tambahnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menyampaikan bahwa program MBG ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak-anak secara optimal.

"Hari ini Kota Tangerang mendapatkan kehormatan menjadi lokasi pelaksanaan pilot project program Makan Bergizi Gratis, bahkan dihadiri Wapres Terpilih yang berkenan hadir untuk ikut berpartisipasi makan bersama anak-anak secara langsung," ujar Nurdin selepas peninjauan di SDN Tangerang 4, Senin (5/8).

Baca Juga: Tim Prabowo-Gibran Beri Bukti Bila Anggaran Makan siang Gratis Tak Bebani APBN

Pelaksanaan uji coba MBG di Kota Tangerang dirancang untuk memastikan bahwa setiap siswa menerima makanan yang seimbang secara nutrisi.

Program ini juga diharapkan dapat mendorong persiapan Pemkot Tangerang menjadi "role model" pelaksanaan program MBG di tingkat nasional.

Dr. Nurdin menjelaskan bahwa selama uji coba ini, akan dilakukan evaluasi berkala terhadap lima menu yang disiapkan oleh Pemkot Tangerang.

"Hari ini kita melakukan uji strategi dari berbagai kekurangan dan kelebihan yang kita temukan, ada yang tidak suka sayur, susu dan sebagainya, hal ini yang nantinya akan dievaluasi agar gizi dan nutrisi anak bisa tetap terpenuhi," jelas Dr. Nurdin.

Ia juga menambahkan bahwa setiap daerah akan menyesuaikan menu yang disajikan berdasarkan saran dari ahli gizi, orang tua, dan komite sekolah.

"Intinya saat ini masih uji coba, kalau di Kota Tangerang setiap menunya dibreakdown, misalnya nasi kalorinya berapa gram, jenjang SD dan SMP juga berbeda gramasinya," kata Gibran.

Kabar pelaksanaan uji coba program MBG ini disambut dengan antusias oleh para orang tua dan siswa di Kota Tangerang. Banyak yang berharap program ini dapat berjalan lancar dan terus berlanjut untuk mendukung kesehatan anak-anak.

@baperanews.com Pemkot Tangerang mengadakan uji coba program Makan Bergizi Gratis (MBG) untuk 32.981 siswa di 36 sekolah, dihadiri oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka #gibranrakabuming #makanbergizi #tangerang ♬ Top News - Fabrizio Pigliucci

Baca Juga: Program Susu Gratis Mulai Diuji Coba di 36 Sekolah Dasar Banyumas