Ganjar Pranowo Akhirnya Buka Suara Mengenai Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu

Ganjar Pranowo akhirnya buka suara terkait rencana penetapan harga tiket masuk kawasan Candi Borobudur Rp750 ribu bagi wisatawan lokal.

Ganjar Pranowo Akhirnya Buka Suara Mengenai Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu
Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu. Gambar : Unsplash.com/Dok. Mario La Pergola

BaperaNews - Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah (Jateng) akhirnya buka suara terkait rencana penetapan harga tiket masuk kawasan Candi Borobudur Rp750 ribu bagi wisatawan lokal.

Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa tarif sebesar Rp750 ribu tersebut ditetapkan bagi wisatawan yang ingin naik ke bangunan Candi Borobudur. Sementara itu, untuk tiket masuk Candi Borobudur hanya Rp50 ribu.

Akan tetapi, wisatawan yang membayar tiket masuk sebesar Rp50 ribu hanya diperbolehkan masuk sampai di pelataran Candi Borobudur saja, mereka tidak dapat naik ke area stupa.

Sebagai informasi, sebelumnya Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan US$100 untuk wisatawan asing. Sementara itu untuk tiket masuk pelajar hanya dikenakan Rp5 ribu.

Kemudian untuk kuota turis masuk ke Candi Borobudur juga dibatasi hanya sebanyak 1.200 orang per harinya. Selain itu, mereka juga diwajibkan untuk menggunakan jasa pemandu wisata atau tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa kenaikan harga tiket tersebut dilakukan agar dapat melestarikan kekayaan sejarah dan budaya Indonesia. Walau begitu, Luhut menyatakan bahwa keputusan tersebut belum final.

Baca Juga : Luhut Beri Harga Tiket Rp 750 Ribu, Wisata Borobudur Trending Topic

Di sisi lain, sebagaimana dilansir dari detik.com pada hari Senin (06/06/2022), Ganjar Pranowo menyatakan bahwa masuk kawasan dan naik ke Candi Borobudur merupakan dua hal yang berbeda dan harus disampaikan kembali ke publik agar dapat mengetahui alasan kenapa ada pembatasan orang naik ke Candi Borobudur.

Kemudian Ganjar Pranowo pun melanjutkan bahwa untuk saat ini, wisatawan masih belum diizinkan untuk naik ke Candi Borobudur. Para wisatawan yang berkunjung hanya diperbolehkan masuk di kawasan pelataran Candi Borobudur saja.

Ganjar Pranowo menilai bahwa wacana tarif masuk sebesar Rp750 ribu bagi wisatawan lokal dan US$100 bagi wisatawan mancanegara dilakukan demi membatasi jumlah pengunjung naik ke atas Candi Borobudur.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga meminta kepada para pedagang di sekitar kompleks Candi Borobudur untuk tidak perlu merasa khawatir. Menurutnya, pengunjung yang datang berwisata akan tetap ramai seperti biasanya.

Kemudian Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa dalam rencana ini, harga tiket masuk bagi para pelajar justru akan jauh lebih murah. Tiket untuk pelajar yang sebelumnya seharga Rp25 ribu per orang akan turun menjadi Rp5 ribu per orang.

Ganjar Pranowo melanjutkan bahwa keputusan tersebut juga mempertimbangkan bagaimana para pelajar masuk, maka harga tiket untuk pelajar diturunkan menjadi Rp5 ribu. Ketika nanti dibutuhkan edukasi perdalam konten ilmu pengetahuan maka itu kebijakan khusus pelajar.