Gempa Berkekuatan M 7,2 Terjadi di Tajikistan

Gempa dengan kekuatan 7,2 m terjadi di wilayah Tajikistan pada hari ini, Kamis (23/2) pukul 08.37 waktu setempat, gempa terjadi tepatnya di perbatasan Afghanistan dan China.

Gempa Berkekuatan M 7,2 Terjadi di Tajikistan
Gempa Berkekuatan M 7,2 Terjadi di Tajikistan. Gambar : Reuters/Dok. Thomas Peter

BaperaNews - Gempa berkekuatan 7,2 m terjadi di Tajikistan, Kamis (23/2) pukul 08.37 waktu setempat. Guncangan gempa di Tajikistan tersebut berpusat di darat.

“M 6.8 - 67 km W of Murghab, Tajikistan,” dikutip dari laman USGS Geologi AS, Kamis (23/2).

Hingga berita ini dibuat, belum ada laporan soal kerusakan dan dampak lainnya imbas gempa Tajikistan tersebut.

Melansir Survei Geologi AS (USGS), gempa di Tajikistan telah mengguncang daerah dekat perbatasan China dengan kekuatan 6,8 m pada kedalaman 20,5 kilometer.

Baca Juga : Gunung Raksasa Ditemukan di Bawah Laut Pacitan Jawa Timur

Pusat gempa Tajikistan tampaknya berada di Gorno-Badakhshan, wilayah timur Tajikistan semi-otonom yang berbatasan dengan Afghanistan dan China.

Wilayah Tajikistan dan sekitarnya tidak hanya diguncang sekali dengan gempa, melainkan ada gempa susulan berkekuatan 5,0 m melanda daerah sekitar 20 menit setelah gempa awal.

Sebelumnya pada Jumat (17/2) Tajikistan timur juga mengalami kondisi darurat berupa longsor salju di Gorno-Badakhshan yang mengakibatkan 17 korban meninggal dunia. Namun, USGS memperkirakan kemungkinan kecil untuk terkena tanah longsor akibat gempa di Tajikistan hari ini.

Baca Juga : Gempa Turki-Suriah: 28 Ribu Orang Tewas, 5 Juta Warga Kehilangan Tempat Tinggal