Aturan Mesin Motor di Bangladesh: Tak Boleh Lebih Dari 165 Cc

Bangladesh menerapkan aturan unik untuk mesin motor yakni mesin motor maksimal 165 cc tidak boleh lebih.

Aturan Mesin Motor di Bangladesh: Tak Boleh Lebih Dari 165 Cc
Aturan Mesin Motor di Bangladesh, Tak Boleh Lebih Dari 165 CC. Gambar : Unsplash.com/Dok. Harley-Davidson

BaperaNews - Bangladesh ialah salah satu Negara dengan pengguna sepeda motor terbesar di dunia. Per tahun 2022, ada 506 juta motor terdaftar resmi di Negara tersebut. Namun, ada aturan unik yang mengejutkan ialah aturan mesin motor di Bangladesh maksimal 165 cc. 

Aturan mesin motor di Bangladesh tersebut sudah lama,  imbasnya berpengaruh pada produsen motor disana, tidak bisa memaksimalkan penjualannya. Boleh membuat motor dengan mesin di atas 165 cc, namun untuk penjualan hanya boleh dilakukan ke luar negeri, tidak ke Bangladesh.

“Pemerintah telah membuat batasan mesin cc motor yang bisa diekspor, kini pabrik boleh ekspor motor 500 cc namun untuk pasar lokal maksimal 165 cc” bunyi informasi di Bangladeshpost.

Pemerintah Bangladesh kabarnya sedang mengkaji untuk merubah aturan unik Bangladesh tersebut dengan menaikkan batas mesin motor menjadi 350 cc.

Aturan mesin motor di Bangladesh tersebut dikabarkan akan berlaku sebelum tahun 2024, namun menariknya, justru rencana tersebut banyak ditolak masyarakat setempat sebab motor ber cc besar dikhawatirkan membuat semrawut atau macet jalan raya.

Baca Juga : Di Jerman, Cuci Mobil di Rumah Didenda Rp 1,6 Miliar

Sedangkan Kepala Operasional Asian Motorbikes Safat Ishtiaq justru merasa senang dengan rencana kebijakan tersebut, menurutnya, itu membuat konsumen punya lebih banyak pilihan.

“Jika terus memproduksi motor ber cc besar suatu saat kita mampu bersaing dengan Negara seperti Indonesia dan Thailand” tuturnya.

Pemerintah Bangladesh kabarnya juga akan mengizinkan impor motor ber cc lebih besar namun belum tahu kapan akan dimulai. Selama ini masyarakat Bangladesh masih aman memakai motor dengan mesin maksimal 165 cc, belum ada tuntutan atau keinginan untuk disediakan motor dengan cc yang lebih besar.

Cc pada motor sendiri singkatan dari cubic centimeter, berupa satuan untuk menandai kapasitas mesin setiap kendaraan. Semakin besar ccnya, maka udara yang berada di ruang bahan bakar juga semakin banyak, maka motor dengan cc besar biasanya juga lebih boros bensin dibanding dengan motor dengan cc kecil.

Meski demikian, mesin motor dengan cc besar juga punya keunggulan lebih cepat membakar bahan bakar, artinya ia lebih punya tenaga lebih dan lebih cepat. Cc motor yang tertinggi di dunia saat ini ialah Harley Davidson CVO Limited yang memiliki mesin 1.868 cc. Untuk penggunaan sehari-hari, mesin motor 125-165 cc dinilai sudah cukup.

Baca Juga : Ketua MPR Usul Semua Motor Bisa Masuk Jalan Tol