Gegara Rem Blong, 2 Mobil Tabrakan di Gerbang Tol Tebing Tinggi

Kecelakaan terjadi di Exit Gerbang Tol Tebing Tinggi, Sumatera Utara, ketika sebuah mobil Innova mengalami rem blong dan menabrak plang besi GTO Tebing Tinggi. Simak selengkapnya di sini!

Gegara Rem Blong, 2 Mobil Tabrakan di Gerbang Tol Tebing Tinggi
Gegara Rem Blong, 2 Mobil Tabrakan di Gerbang Tol Tebing Tinggi. Gambar : Dok. Polres Tebing Tinggi

BaperaNews - Tabrakan terjadi di Exit Gerbang Tol Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, pada Minggu (21/4) siang. Mobil Innova dengan nomor polisi BK 1277 VQ mengalami rem blong dan menabrak plang besi GTO. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kecelakaan ini.

Menurut keterangan dari Kasat Lantas Polres Tebing, AKP Agnis Juwita, kejadian ini berawal saat mobil yang dikemudikan oleh Agustino Sijabat sedang dalam perjalanan dari Kota Medan menuju Tebing Tinggi.

"Saat tiba di gerbang tol, mobil tersebut mengalami rem blong dan secara tiba-tiba banting setir ke kiri, sehingga naik ke pembatas jalan exit tol dan menabrak besi GTO exit tol," ujarnya dalam keterangannya pada hari Senin (22/4).

Akibat dari kecelakaan, tiang gerbang tol roboh dan mengenai mobil Innova dan Yaris yang berada di depannya sehingga kedua mobil tersebut ringsek. Namun, dari kecelakaan mobil tabrak gerbang tol ini tidak ada korban jiwa.

"Tiang tersebut pun tumbang dan menimpa mobil Toyota Yaris yang berada di depan mobil Innova tersebut, serta juga menimpa mobil Innova itu sendiri," tambahnya.

Baca Juga: Terungkap CCTV Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Sebelumnya Truk Diduga Sempat Tabrak 2 Mobil

Dari kecelakaan ini, menurut Marcell Kurniawan, Direktur Pelatihan di The Real Driving Center (RDC), penting bagi pengemudi untuk memahami alasan di balik rem blong agar dapat mengatasi masalah tersebut.

“Rem mobil bisa mengalami blong karena brake fading dan juga vapor locking. Maka dari itu, sebelumnya kita perlu menjaga kualitas cairan rem yang digunakan,” ungkapnya.

Marcell juga menjelaskan ada teknik yang digunakan jika terjadi rem blong pada kendaraan, yaitu teknik engine brake.

“Saat mobil mengalami rem blong, pertama yang kita lakukan yakni melakukan teknik engine brake. Kurangi kecepatan secara perlahan dengan menurunkan gigi,” jelasnya.

Hingga saat ini, kedua mobil yang terlibat dalam kecelakaan tersebut telah diamankan di Unit Gakkum Sat Lantas Polrestabes Tebing Tinggi untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga: Pengakuan Sopir Truk yang Menyebabkan Kecelakaan di Gerbang Tol Halim: Saya Beli Semua Mobil Itu