Fitur Baru Instagram Yang Akan Mengirimkan Notifikasi Ke Pengguna Apabila Sedang Down

Instagram kembangkan sebuah fitur baru untuk kirimkan notifikasi ke pengguna apabila sedang down

Fitur Baru Instagram Yang Akan Mengirimkan Notifikasi Ke Pengguna Apabila Sedang Down
Gambar : Solen Feyissa/Unsplash.com

BaperaNews - Instagram telah mengumumkan bahwa pihaknya mengembangkan sebuah fitur baru mengenai masalah server down. Fitur baru tersebut yakni sebuah notifikasi yang akan dikirimkan ke pengguna apabila platform mengalami masalah.

Notifikasi tentang informasi Instagram down tersebut dilakukan untuk menghindari kekeliruan pengguna apabila secara tiba-tiba platform tersebut tidak dapat diakses.

Sebagai informasi, pekan lalu Instagram bersama dengan beberapa aplikasi lain yang berada di bawah naungan Facebook mengalami down (tidak bisa akses) sebanyak 2 kali dalam rentang waktu 4 hari.

Ketika kejadian down tersebut terjadi, banyak sekali pengguna yang merasa kebingungan dan menganggap bahwa koneksi internet atau smartphone mereka bermasalah.

Berdasarkan hal tersebut, kini Instagram tengah melakukan uji coba sebuah fitur yang akan memberitahukan pengguna apabila sedang terjadi down atau berbagai masalah yang menimpa layanan mereka.

Instagram pun meyakini bahwa dengan adanya fitur notifikasi tersebut nantinya dapat meningkatkan awareness (kesadaran) pengguna platform, sebagaimana dilansir dari digitaltrends.

Instagram menuliskan sebuah pernyataan bahwa melalui perbincangan dengan komunitas dan penelitian panjang, pihaknya pun mengetahui betapa membingungkannya ketika sebuah masalah terjadi pada Instagram.

Ketika hal tersebut berdampak terhadap interaksi dan distribusi, pihaknya pun mengetahui bahwa hal tersebut akan membuat banyak orang berpikir masalahnya (unik) hanya pada mereka, oleh karena itu Instagram ingin membuat apa yang sedang terjadi menjadi lebih mudah dipahami, langsung dari Instagram.

Para pengguna nantinya dapat melihat notifikasi tersebut pada bagian Activity Feed ketika Instagram sedang mengalami masalah teknis ataupun down. 

Sehingga, apabila layanan Instagram down sepenuhnya, maka tak akan ada notifikasi sama sekali sampai permasalahan tersebut sepenuhnya selesai.

Instagram juga menyampaikan bahwa notifikasi tersebut tak akan dikirimkan setiap kali down, namun hanya untuk kasus tertentu saja yang dapat berpotensi menimbulkan kebingungan.

Dalam beberapa bulan mendatang, uji coba fitur tersebut akan dilakukan untuk pengguna di Amerika Serikat. Kemudian Instagram akan memutuskan apakah fitur tersebut nantinya akan menjadi permanen atau tidak di platformnya.