Doa Setelah Adzan, Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

Dapatkan bacaan doa setelah adzan lengkap dengan teks Latin dan terjemahannya. Pelajari makna setiap kata dalam doa ini yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim.

Doa Setelah Adzan, Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya
Gambar : pexels.com/Dok. Alena Darmel

BaperaNews - Adzan menjadi panggilan suci umat Islam untuk melaksanakan ibadah sholat. Setiap kali adzan berkumandang, umat Muslim diingatkan akan keberadaan Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari dan kewajiban untuk melaksanakan sholat. 

Muadzin seorang pemberi adzan, mengumumkan waktu-waktu sholat dengan frasa-frasa yang khas, mengingatkan umat Muslim akan kewajiban untuk melaksanakan sholat dan menghadirkan Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. 

Pada kesempatan kali ini, Bapera News akan membahas doa setelah adzan serta mengungkap keutamaan dan makna yang terkandung di dalamnya.

Doa Setelah Adzan

Setelah adzan selesai, seorang Muslim dianjurkan untuk membaca bacaan doa setelah adzan, sebagai bentuk penghormatan dan kepatuhan kepada perintah Allah SWT. 

Bacaan doa setelah adzan ini mengandung kata-kata yang penuh makna, dan Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan doa tertentu kepada umatnya. 

Doa setelah adzan ini mencerminkan pengakuan keesaan Allah, penyerahan kepada-Nya, dan doa untuk keutamaan dan tempat terpuji bagi Nabi Muhammad.

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ اِنَكَ لاَ تُخْلِفُ اْلمِيْعَاد

Latin:

“Allahumma rabba haadzihid da'watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab'atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa'adtahu innaka la tukhliful mi'ad.”

Artinya: 

"Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki sholat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah dia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan."

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Istikharah dan Manfaat Sholat Istikharah

Khusus untuk adzan Maghrib, umat Islam dapat menambahkan doa berikut:

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ

Latin:

“Allahumma hadza iqbalu lailika wa idbaru naharika wa ashwatu du'aika faghfir lii.”

Artinya: 

"Ya Allah, ini menjelang datang malam-Mu, dan telah berlalu siang-Mu, telah diserukan seruan-Mu, maka ampunilah aku."

Keutamaan Doa Setelah Adzan

Doa setelah adzan tidak hanya sekadar rutinitas, tetapi juga memiliki keutamaan yang besar dalam Islam. 

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa siapa pun yang mengucapkan doa setelah mendengar adzan akan mendapatkan beberapa keutamaan. Berikut keutamaan doa setelah adzan:

1. Syafaat dari Allah SWT

"Barang siapa berdoa setelah mendengar suara adzan kemudian berdoa, Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta salat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkanlah beliau pada tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan, berhaklah baginya mendapatkan syafaatku pada hari kiamat." (HR Bukhari Muslim)

2. Penghapusan Dosa

"Barang siapa ketika mendengar suara orang azan dengan bacaan yang artinya: Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagiNya dan Nabi Muhammad itu adalah hambaNya. Aku rela bertuhan kepada Allah, terhadap Nabi Muhammad sebagai utusanNya dan dengan Islam sebagai agamaku. Maka akan diampuni dosa-dosanya." (HR Muslim)

3. Ijabah Doa

"Ucapkanlah seperti ucapan muazin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi." (HR Abu Daud 524 dan Ibnu Hibban 1695 dan dihasankan Syuaib Al-Arnauth)

4. Balasan Surga

"Siapa yang mengucapkan seperti yang dilantunkan orang ini Bilal dengan yakin akan masuk syurga." (HR Ahmad 8624, Nasai 674 dan Syuaib Al Arnauth)

5. Hidup yang Baik (Husnul Khatimah)

"Tidaklah suara azan yang keras dari yang mengumandangkan azan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua menjadi saksi pada hari kiamat." (Hadis riwayat Bukhari 609)

6. Pahala Berlipat Ganda

"Apabila kamu mendengar muazin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah selawat untukku. Karena orang yang membaca selawat untukku sekalian maka Allah akan memberikan selawat untuknya sepuluh kali." (Hadis riwayat Muslim 384)

Bacaan doa setelah adzan merupakan bentuk ketaatan umat Islam kepada Allah SWT. Dengan meresapi makna doa ini, umat Muslim tidak hanya menjalankan ibadah, tetapi juga memperoleh keutamaan besar dalam bentuk syafaat, penghapusan dosa, ijabah doa, balasan surga, husnul khatimah, dan pahala berlipat ganda. 

Oleh karena itu, membaca doa setelah adzan bukan hanya kewajiban, tetapi juga ladang amal kebaikan yang dapat membawa umat Islam mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Semoga dengan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam doa setelah adzan, umat Muslim dapat memperdalam spiritualitas dan keimanan mereka.

Baca Juga : Doa Taubat Nasuha dan Cara Taubat Agar Diampuni Allah SWT