Dinkes Jabar Akan Beri Vaksin Polio Untuk Balita, Targetkan 3,9 Juta Balita

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar vaksinasi polio Jabar secara serentak mulai 3 April 2023 menyasar bayi dan balita umur 0-59 minggu.

Dinkes Jabar Akan Beri Vaksin Polio Untuk Balita, Targetkan 3,9 Juta Balita
Dinkes Jabar Akan Beri Vaksin Polio Untuk Balita, Targetkan 3,9 Juta Balita . Gambar : Reuters

BaperaNews - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar vaksinasi polio Jabar secara serentak mulai 3 April 2023 menyasar bayi dan balita umur 0-59 minggu.

Ditargetkan vaksinasi tercapai 95% dari jumlah penerima vaksin. Kepala Bidang Pencegahan & Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jabar Rochady Wibawa memastikan vaksinasi polio Jabar ini akan dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu :

  • Tahap 1 3-15 April 2023
  • Tahap 2 15-27 Mei 2023

Pihaknya mengusahan agar vaksinasi bisa dijalankan dengan padat, tuntas, dan penuh. “Harus bisa full. bisa penuh, minimal 95% targetnya yakni 3,9 bayi dan balita harus mendapat vaksin polio Jabar. Vaksinatornya juga sudah siap untuk lakukan imunisasi serentak” tutur Rochady hari Sabtu (1/4). 

Baca Juga : Vaksin Booster Akan Kena Biaya Rp 100.000 di Masa Endemi, Menkes: Masih Wajar

Vaksinasi polio nantinya tidak hanya diadakan di Puskesmas atau Posyandu, namun juga di tempat umum lain seperti di TK (taman kanak-kanak). Panitia akan menyisir semua wilayah, akan mencari bayi dan balita yang belum terjangkau vaksin polio seminggu setelah program terlaksana agar pemberian vaksin bisa benar-benar merata.

Vaksin diberikan dalam bentuk oral atau tetes di mulut sehingga dipastikan tak akan ada efek samping seperti demam atau lainnya usai imunisasi. Polio memang jenis vaksin yang tidak berefek samping demam seperti DPT, maka orang tua tidak perlu khawatir, vaksin ini demi kesehatan anak.

Namun ada pengecualian pemberian vaksin, misalnya bagi bayi dan anak dengan imun lemah. Pada kondisi tersebut bisa muncul efek samping seperti panas atau demam, diare, dan menderita HIV.

Vaksin Polio ini dijamin halal, “Kondisi ini karena ada kedaruratan, manfaatnya lebih besar untuk kesehatan anak, ini bagian dari ikhtiar kesehatan anak” sambung Ketua MUI Jabar KH Rachmat Syafei.

Untuk itu, masyarakat tak perlu cemas, ikuti saja program vaksin yang dilaksanakan pemerintah. Stok vaksin sudah disiapkan. “Hari ini vaksin dari Bio Farma sudah datang, InsyaAllah mulai 3 April 2023 bisa dilakukan vaksin polio serentak” pungkas Ketua Tim Pelaksana Vaksin Polio Jabar Dedi Supandi.

Sebagai informasi, penerima vaksin terbanyak ialah di kota Bogor ada 546.000 anak sedangkan terendah di kota Banjar 12.000 anak. Diharapkan dengan adanya vaksinasi polio masal ini bisa mengurangi kasus polio di Indonesia dan menjamin kesehatan anak-anak di masa depan.

Baca Juga : Kemenkes Terbitkan SE Waspada KLB Flu Burung, Simak Poinnya!