Diduga Terima Suap, Wali Kota Bandung Terjaring OTT KPK

Walikota Bandung Yana Mulyana terjaring OTT KPK diduga menerima suap terkait pengadaan barang dan jasa di Bandung.

Diduga Terima Suap, Wali Kota Bandung Terjaring OTT KPK
Wali Kota Bandung Terjaring OTT KPK. Gambar : Dok. Pemkot Bandung

BaperaNews - Walikota Bandung Yana Mulyana terjaring OTT KPK (operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi) dan telah dibawah ke Gedung KPK, Jakarta.

“Saat ini sudah dibawa ke Jakarta untuk diperiksa. Kami segera lakukan permintaan keterangan dulu pada para pihak yang ditangkap. Kami akan sampaikan sikap selanjutnya usai 1x24 jam setelah penangkapan” tutur Jubir KPK Ali Fikri.

OTT Wali Kota Bandung diduga menerima suap terkait pengadaan barang dan jasa di Bandung, Yana menerima suap dari jasa penyedia layanan internet dan CCTV.  Yana Mulyana ditangkap KPK tidak sendirian, ada beberapa pejabat yang turut serta diamankan.

Yana Mulyana ditangkap KPK pada Jumat (14/4). “Kegiatan tangkap tangan dilakukan KPK dari Jumat (14/4) siang sampai malam. Perkembangannya bagaimana akan disampaikan segera” imbuhnya.

OTT Wali Kota Bandung ditangkap bersama 9 orang pejabat dari Dinas Perhubungan. “Jumlah orang yang ditangkap ada 9 termasuk Yana dan beberapa pejabat dari Dishub Bandung. KPK juga mengamankan bukti berupa uang, uangnya dalam bentuk pecahan rupiah” lanjutnya.

“Program Bandung smart city, diduga ada suap terkait CCTV dan jasa penyedia internet” tutup Ali.

Baca Juga : Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil Ditangkap KPK

Usai ditangkap, rumah dinas Yana Mulyana yang berlokasi di Pasir Kaliki, Cicendo, Bandung nampak sepi, hanya ada mobil patwal kepolisian yang parkir di depan gerbang rumahnya, di dalam rumah juga ada beberapa petugas keamanan berjaga.

Sempat ada mobil Toyota Voxy warna hitam keluar rumah, namun hanya ada sopir, tidak ada penumpang di dalamnya.

Sementara kondisi Balai Kota Bandung usai OTT Wali Kota Bandung justru ramai karena pada hari ini Sabtu (15/3) ialah jadwal pemberangkatan peserta mudik gratis dari Pemkot Bandung, pukul 08.20 WIB Balai Kota Bandung sudah ramai didatangi peserta mudik.

Seharusnya Yana Mulyana juga dijadwalkan untuk lakukan pelepasan para pemudik namun ia lebih dulu ditangkap oleh KPK. Pelepasan mudik gratis tetap akan dilaksanakan, pemudik tetap berangkat hari ini sesuai jadwal, petugas pelepasan diganti oleh pejabat lain dari Pemkot Bandung.

Yana Mulyana ialah Walikota Bandung yang masuk pada Pilkada Bandung 2018, Yana dari Partai Gerindra, ia maju sebagai wakil Walikota berpasangan dengan Oded Muhammad. Namun karena Oded meninggal dunia akibat sakit jantung pada Desember 2021 lalu, Yana Mulyana yang maju menggantikan tugas Oded.

Baca Juga : Surya Darmadi Divonis 15 Tahun Penjara dalam Kasus Korupsi Rp 86 Triliun