Dibuka Hari Ini, BUMN Luncurkan Program Mudik Gratis 2023 Untuk 65 Ribu Orang

BUMN (Badan Usaha Milik Negara) meluncurkan program mudik gratis untuk lebaran 2023 dengan kuota 65.503 orang pada hari ini, Rabu (15/3).

Dibuka Hari Ini, BUMN Luncurkan Program Mudik Gratis 2023 Untuk 65 Ribu Orang
BUMN Luncurkan Program Mudik Gratis 2023 Untuk 65 Ribu Orang. Gambar : Kompas.com/Dok. Garry Andrew Lotulung

BaperaNews - Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Erick Thohir menyebut pemerintah akan luncurkan program mudik gratis dengan kuota 65.503 orang. Program yang bernama 24 BUMN ini dirilis hari ini Rabu (15/3).

Kuota untuk 65.503 orang ini terbagi dalam beragam moda transportasi yakni kereta api, bus, dan kapal laut. Peserta juga bisa berangkat dari beragam titik tujuan, mulai dari terminal, pelabuhan, dan stasiun.

“Melalui mudik bersama BUMN, kami alihkan ribuan pengguna kendaraan pribadi terutama sepeda motor untuk memakai kendaraan umum seperti kereta api, bus, dan kapal laut dengan standar keselamatan agar masyarakat bisa rasakan mudik yang nyaman dan aman” tutur Erick Thohir dalam pernyataan resminya pada Selasa (14/3).

Lebih lanjut Erick Thohir menjelaskan, program mudik gratis pemerintah ini dipimpin oleh PT Jasa Raharja. Armada bus dari Jakarta akan berangkat dari Ring Road Gelora Bung Karno Jakarta pada tanggal 18 April 2023.

Sedangkan pemudik yang memilih moda transportasi kereta api diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada 15 dan 16 April 2023. Harapannya, mudik gratis BUMN ini bisa mengurangi kemacetan dan resiko kecelakaan lalu lintas di jalan raya sepanjang masa mudik lebaran 2023.

Baca Juga : Dibuka Hari Ini! Begini Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub Lebaran 2023

“Untuk cara dan syaratnya nanti kami akan sampaikan ketika peluncuran, kami harapkan masyarakat mau memanfaatkan program ini untuk bisa mudik dengan lancar, aman, dan nyaman bersama keluarganya” pungkas Erick.

Program mudik gratis BUMN ini ialah bentuk upaya BUMN peduli pada kelancaran mudik masyarakat Indonesia.  Sebelumnya Kementerian Perhubungan juga membuka program mudik gratis untuk lebaran 2023 dengan 24.000 kuota yang melayani ke wilayah Jawa - Sumatra dan telah dibuka pada 13 Maret hingga 14 April 2023.

Untuk mudik gratis yang dibuka Kemenhub, peserta mendaftar secara online di aplikasi Mitra Darat. Sedangkan mudik gratis BUMN akan dijelaskan tata cara dan sistem pendaftarannya ketika acara peluncuran, begitu pula dengan titik tujuan keberangkatan.

Belum diketahui apa program mudik gratis BUMN ini juga akan melayani balik gratis setelah mudik lebaran 2023. Kita tunggu saja informasi selanjutnya ya!.

Bagi Anda yang berminat mengikuti program mudik gratis BUMN ini bisa segera mendaftar, manfaatkan kesempatan ini untuk menikmati mudik lebaran 2023 yang aman dan nyaman.

Baca Juga : Hindari Tanggal Ini! Simak Waktu yang Tepat Untuk Mudik Lebaran 2023