Daftar Daerah di Jawa Terendam Banjir, Ribuan Orang Terdampak

Dalam seminggu terakhir, hujan turun cukup deras dan mengakibatkan beberapa daerah di pulau Jawa terendam banjir, ribuan orang terdampak. Simak daftar wilayah yang terkena banjir!

Daftar Daerah di Jawa Terendam Banjir, Ribuan Orang Terdampak
Daftar Daerah Jawa Yang Terkena Banjir. Gambar : ANTARA FOTO/ Dok. Novrian Arbi

BaperaNews - Dalam seminggu terakhir, hujan turun cukup deras di beberapa daerah Pulau Jawa dan dalam durasi lama hingga berhari-hari, meskipun hujan turun tidak merata dan ada beberapa daerah yang masih sering panas cuacanya, tidak membuat banjir berhenti datang, berbagai daerah di Pulau Jawa masih banyak yang diterjang banjir.

Beberapa daerah tersebut ialah Depok, Bogor, Bekasi, Kendal, Jakarta, Sukabumi, dan Banten. Di daerah Depok, hujan turun deras salah satunya di wilayah Sawangan hari Rabu 16 Februari 2022 hingga menyebabkan banjir di beberapa titik dengan ketinggian 130 cm.

“Sebanyak 53 KK atau 199 warga terdampak banjir, tidak ada warga yang luka atau mengungsi dari insiden ini” ujar Kepala Pusat Data BNPB, Abdul Muhari Jumat 18 Februari 2022.

Sedangkan di Bekasi, banjir terjadi di 8 kelurahan akibat hujan deras dan sungai meluap sejak Rabu malam 16 Februari 2022. “Dilaporkan ada 13 titik di 8 kelurahan wilayah Bekasi yang terendam banjir karena air sungai naik setelah hujan deras” ujar pernyataan resmi di laman BPBD Bekasi Jumat 18 Februari 2022.

Lalu di Bogor, BPBD juga menginformasikan di laman resminya hari Kamis 17 Februari 2022, “Total 3200 atas 12.208 jiwa terdampak banjir dari luapan sungai Cileungsi di desa Bojongkulur Gunung Putri, Bogor”.

Serta di Jakarta, banjir melanda berbagai titik, salah satu yang disorot ialah di Kelurahan Kampung Melayu Jaktim. “Banjir terjadi karena kali Ciliwung meluap setinggi 130 cm sejak subuh” ujar Lurah Kampung Melayu, Angga Herjuno Kamis 17 Februari 2022.

Banten yang beberapa waktu lalu sempat terkena musibah gempa, juga kembali mengalami musibah banjir, sedikitnya ada empat desa di Kecamatan Lebak banjir dan tanah longsor setelah hujan deras dan angin kencang terjadi di wilayah tersebut hari Rabu 16 Februari 2022.

Jawa Tengah juga tidak luput dari banjir, salah satunya yang terparah di Kendal, sungai Kendal meluap sejak Jumat 18 Februari 2022, menyebabkan tiga kecamatan yakni Brangsong, Kendal Kota, dan Kaliwungu terendam banjir dengan ketinggian hingga setengah meter, ketika air sungai meluap bisa mencapai 1 meter.

BMKG merilis daftar wilayah Indonesia yang berpotensi banjir pada dasarian II Februari yaitu :

-          Sebagian Jawa

-          NTT

-          Sebagian Sulawesi, Maluku, Papua Barat dan Papua

-          Purwakarta dan Subang

-          Banjarnegara, Pekalongan, Batang

-          Kepulauan Sangihe Sulut

-          Dogiyai, Mimika, Intan Jaya, Nabire, dan Paniai Papua

Baca Juga : Layanan Telemedicine, Diperluas ke Luar Jawa Bali, Begini Cara Daftarnya