Cegah Anemia, Mahasiswi KKN Tim II Undip Galakan Gerakan Sadar Anemia di SMPN 3 Subah

Mahasiswa KKN Undip mengadakan "Gerakan Sadar Anemia" di SMPN 3 Subah untuk siswa kelas 7 dan 8. Simak Selengkapnya!

Cegah Anemia, Mahasiswi KKN Tim II Undip Galakan Gerakan Sadar Anemia di SMPN 3 Subah
Cegah Anemia, Mahasiswi KKN Tim II Undip Galakan Gerakan Sadar Anemia di SMPN 3 Subah. Gambar: Dok Istimewa

BaperaNews - Batang (29/07/2024), mahasiswa KKN Tim II Undip pada hari Senin, 29 Juli 2024 di SMPN 3 Subah mengadakan acara "Gerakan Sadar Anemia" yang diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8. Acara ini berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB dengan berbagai kegiatan yang edukatif dan interaktif.

Acara dimulai dengan pertemuan antara pihak penyelenggara dan Kepala Sekolah SMPN 3 Subah. Ibu Kepala Sekolah, menyambut baik inisiatif ini dan menyampaikan harapannya agar siswa-siswi lebih peduli terhadap kesehatan, khususnya mengenai anemia.

Selanjutnya, para siswa diberikan materi tentang pentingnya mencegah anemia dan manfaat dari mengonsumsi tablet tambah darah. Materi ini disampaikan oleh mahasisiwi Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip. Mahasiwi tersebut menjelaskan gejala anemia, dampak buruknya bagi kesehatan, cara pencegahannya, dan peran laki-laki dalam mencegah anemia. 

Cegah Anemia, Mahasiswi KKN Tim II Undip Galakan Gerakan Sadar Anemia di SMPN 3 Subah. Gambar: Dok. Istimewa

Baca Juga: Fakta Kisah Pria Menikahi Bocah yang Ditemuinya Saat KKN 11 Tahun Lalu

Untuk mengurangi kekhawatiran siswa terhadap tablet tambah darah, mahasiswi tersebut juga memperlihatkan tablet tambah darah yang tidak berbau amis. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa untuk rutin mengonsumsi tablet tersebut.

Agar suasana lebih santai dan siswa lebih bersemangat, acara dilanjutkan dengan kegiatan ice breaking. Permainan seru yang sederhana diadakan untuk mencairkan suasana dan meningkatkan kebersamaan antar siswa.

Cegah Anemia, Mahasiswi KKN Tim II Undip Galakan Gerakan Sadar Anemia di SMPN 3 Subah. Gambar: Dok. Istimewa

Salah satu kegiatan yang paling menarik adalah learning games menggunakan ular tangga kesehatan. Dalam permainan ini, siswa belajar tentang anemia dan manfaat tablet tambah darah melalui pertanyaan-pertanyaan yang ada di setiap kotak permainan.

Untuk menambah semangat belajar, diadakan kuis berhadiah dengan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan. Siswa-siswi yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan hadiah menarik dari panitia.

Sebagai penutup, seluruh peserta acara melakukan sesi foto bersama. Foto bersama ini diambil sebagai kenang-kenangan dan bentuk dokumentasi kegiatan "Gerakan Sadar Anemia" di SMPN 3 Subah.

Pihak sekolah berharap melalui acara ini dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi tentang pentingnya mencegah anemia dan membiasakan diri untuk mengonsumsi tablet tambah darah demi kesehatan mereka.

Penulis: Fatikhah

Baca Juga: SMP Swasta di Surabaya Aksesnya Ditutup Gegara Tolak Iuran Per Bulan Rp140 Juta