Cara Hapus Akun WhatsApp Secara Permanen

WhatsApp (WA) kini memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya dapat menghapus akun secara permanen. Berikut cara hapus akun WhatsApp secara permanen!

Cara Hapus Akun WhatsApp Secara Permanen
Cara hapus akun WhatsApp secara permanen. Gambar : unsplash.com/Dok. Dimitri Karastelev

BaperaNews - Terkadang nomor akun WhatsApp perlu dihapus karena beragam alasan, misalnya jika kena hack, mendapat pesan spam, atau bocor ke publik.

WhatsApp (WA) ialah aplikasi pesan instan milik perusahaan Meta yang juga membawahi Facebook dan Instagram. Di Indonesia sendiri, dari data World Population Review, WhatsApp punya lebih dari 84,8 juta pengguna.

Pengguna WhatsApp ini yang terbesar ketiga setelah India dan Brasil. WhatsApp memakai nomor ponsel sebagai identitasnya, pengguna akan kesulitan jika kehilangan nomornya, pasalnya nomor tersebut dibutuhkan jika ingin memindahkan akun WhatsApp ke perangkat lain atau untuk kepentingan verifikasi.

Masalah bisa diatasi dengan mengubah nomor ponsel yang dipakai sebagai nomor akun, namun nomor lama juga perlu dihapus agar tidak disalahgunakan orang lain atau jadi sampah digital.

WhatsApp (WA) memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya menghapus akun. Untuk itu mari simak cara hapus akun WhatsApp permanen yang Tim Redaksi Bapera News rangkum untuk Anda.

Baca Juga : Tak Perlu Khawatir Hilang, Simak Cara Install Ulang WhatsApp Tanpa Hapus Data

Cara Hapus Akun WhatsApp Secara Permanen

Caranya melalui Pengaturan atau Setting, perlu diketahui bahwa nomor akun yang telah dihapus tidak bisa dikembalikan atau diaktifkan lagi, dengan kata lain, tidak bisa lagi dipakai menjadi nomor WhatsApp di masa depan. Berikut cara hapus akun WhatsApp secara permanen.

Cara Hapus Akun WhatsApp Permanen:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Pilih “Pengaturan” atau “Setting”.
  3. Pilih “Akun” atau “Account”.
  4. Pilih “Delete My Account” atau “Hapus Akun Saya”.
  5. Masukkan nomor ponsel yang didaftarkan.

Sebagai catatan, menghapus akun WhatsApp secara permanen artinya menghapus semua data di dalamnya, mulai dari info atau profil akun, foto profil, keanggotaan grup, hingga riwayat obrolan atau chat. Proses penghapusan akan selesai secara penuh usai 90 hari setelah permintaan.

WhatsApp (WA) tetap menyimpan beberapa data seperti log tertentu, namun data tidak bisa lagi ditautkan ke akun, jika terjadi masalah seperti pelanggaran hukum, upaya pencegahan biaya, atau pelanggaran persyaratan, WhatsApp juga tetap akan menyimpan informasi Anda.

Jika ingin hapus akun WhatsApp, hanya bisa dilakukan secara permanen atau menetap, tidak ada pilihan untuk menonaktifkan akun secara sementara untuk ke depannya kembali lagi, maka perhatikan bahwa akun tersebut memang tidak akan dan tidak ingin digunakan lagi di masa mendatang sebab akun yang dihapus tidak bisa kembali lagi.

Demikian cara hapus akun WhatsApp secara permanen, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Internet di Android dan iPhone