Buruh Bakal Gelar Demo 4 Bulan Berturut-turut, Catat Jadwalnya!

Buruh di Indonesia mengancam akan menggelar demo besar-besaran selama 4 bulan, dimulai dari 21 September 2023 hingga Januari 2024.

Buruh Bakal Gelar Demo 4 Bulan Berturut-turut, Catat Jadwalnya!
Buruh Bakal Gelar Demo 4 Bulan Berturut-turut. Gambar : Kompas.com/Dok. Kristianto Purnomo

BaperaNews - Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Omnibus Law masih menjadi fokus utama para buruh saat ini. Buruh mendesak adanya kenaikan UMP hingga 15% untuk tahun 2024 mendatang.

Para buruh menyebut akan lakukan demo besar-besaran di seluruh Indonesia selama 4 bulan mulai 21 September 2023 sampai Januari 2024 demi dipertimbangkannya permintaan kenaikan UMP oleh pemerintah dan pihak terkait.

Adanya rencana demo besar selama 4 bulan tentu beresiko memacetkan dan memadatkan jalanan yang akan berdampak pada mobilitas masyarakat. Perlu diketahui tanggal dan lokasi jadwal demo buruh sebagai antisipasi agar tidak ikut terdampak.

Adapun lokasi demo disebut akan dipusatkan di Istana Negara dan Kantor Kementerian Ketenagakerjaan dengan jumlah buruh mencapai 10 ribu orang.

“UMP 2024 kan diputuskan 1 November 2023 dan UMK (Upah Minimum Kota/ Kabupaten) diputuskan 15 November 2023 karena itu kami Partai Buruh dan KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia) akan gelar aksi demo besar-besaran di seluruh Indonesia” kata Ketua Partai Buruh Iqbal Saiq hari Selasa (12/9) sembari mengungkap jadwal demo buruh yang akan dilakukan. 

Baca Juga : Tak Mau Kalah dari ASN, Buruh Juga Tuntut Kenaikan Gaji

Iqbal kemudian membahas tentang Omnibus Law, ia meminta dilakukan pembahasan kembali dengan libatkan stakeholder terkait.

“Karena Januari 2024 itu implementasi dari keputusan pemerintah terhadap UMP dan UMK 2024. Tanggal 25 biasanya pembayaran gaji dari perusahaan. Oleh Sebab itu pemerintah dan partai jangan cuma urus Capres Cawapres terus. Kami minta putuskanlah Omnibus Law ini yang dinyatakan inkonstitusional. Bahas ulang tapi libatkan stakeholder dan naikkan UMP 2024 sebesar 15%” imbuhnya.

Terakhir, Iqbal menyebut kemungkinan jadwal demo buruh yang akan dilaksanakan di seluruh Indonesia.

“Jadi 21 September itu di Istana Negara dan Kemnaker pusat jumlah massanya 10 ribu, setelah itu dilanjutkan di seluruh Provinsi. Bisa saja 22 September di Gedung Sate Jawa Barat, tanggal 23 September di Bekasi atau Bogor, tanggal 24 September di Depok, Tangerang, dan seterusnya” pungkasnya.

Berikut jadwal demo buruh dan lokasinya yang disampaikan oleh Ketua Partai Buruk Iqbal Said:

  • 21 September 2023 di Istana Negara dan Kantor Pusat Kemnaker dengan jumlah massa 10 ribu orang
  • Demo di seluruh Provinsi setelah 21 September 2023
  • 22 September 2023 di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat
  • 23 September 2023 di Bogor dan Bekasi
  • 24 September 2023 di Depok
  • Lanjut ke Tangerang dan seterusnya

Pihak Kemnaker maupun aparat kepolisian dan pihak terkait belum memberi tanggapan tentang rencana demo besar-besaran buruh selama 4 bulan ini.

Semoga pemerintah, buruh, dan pengusaha bisa capai kesepakatan bersama terkait gaji buruh dengan cara yang baik dan tertib ya!

Baca Juga : Demo Gegara Aparat Pasang Tanda Batas, Masyarakat Pulau Rempang Dihujani Gas Air Mata