Paul Pogba Positif Doping, Juventus Buka Suara

Paul Pogba, pesepakbola Prancis terkenal, dinyatakan positif doping dalam Liga Italia.

Paul Pogba Positif Doping, Juventus Buka Suara
Paul Pogba Positif Doping, Juventus Buka Suara. Gambar : Reuters/Dok. Massimo Pinca

BaperaNews - Pesepakbola, Paul Pogba, positif doping. Gelandang asal Prancis ini ketahuan usai gagal lolos tes doping dalam Liga Italia musim ini pada laga Juventus vs Udinese 20 Agustus 2023 lalu.

Pogba sebenarnya hanya duduk di bangku cadangan namun ia terpilih secara acak untuk dites doping. Hasil tes menunjukkan kadar testosterone (hormon yang meningkat kekuatan dan ukuran otot) di tubuh Pogba naik.

Pogba kemudian dimainkan Juventus ketika mendapat skor imbang 1-1 melawan Bologna dan menang 2-0 melawan Empoli. Pada 2 laga itu belum diketahui apa ada dampaknya pada Bianconeri mengingat kasus Paul Pogba positif doping masih akan diselidiki lebih lanjut.

Pogba akan jalani tes doping kedua. Jika hasilnya sama dan benar adanya, maka Pogba akan dijatuhi hukuman berat.

“Juventus FC mengumumkan pemain kami Paul Pogba positif doping dan saat ini mendapat sanksi skorsing sebagai bentuk pencegahan dari Pengadilan Antidoping Nasional menyusul adanya hasil buruk yang dilakukan pada 20 Agustus 2023 ketika Liga Italia. Pihak klub Juventus berhak mengevaluasi langkah dan prosedur berikutnya” bunyi pernyataan resmi Juventus. 

Baca Juga : Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Turkmenistan

Sementara NADO (Pengadilan Antidoping Nasional) menegaskan kasus saat ini sedang ditangani oleh jaksa dan akan informasikan lebih lanjut perkembangannya usai keluar hasil tes doping Pogba yang kedua.

“NADO mengonfirmasi bahwa kami menerima kasus yang diajukan Jaksa antidoping. Kami telah tetapkan skorsing sementara untuk atlet Paul Labile Pogba” ungkap NADO.

Karir Pogba sendiri beberapa tahun belakangan meredup karena cedera. Usai pindah dari Manchester United, Pogba gagal bersinar bersama Juventus li Liga Italia musim lalu. Pogba baru 2 kali dimainkan Juventus dengan durasi total 52 menit.

Cedera yang terjadi pada Pogba membuatnya sulit tampil dan bersaing regular sehingga diduga menjadi alasannya berkutat dengan doping.

Jika memang Pogba terbukti memakai doping, maka ia akan mendapat sanksi dilarang bermain selama 2-4 tahun. Pogba punya opsi untuk ajukan banding dalam waktu 3 hari setelah hasil tes keluar.

Kasus doping memang menjadi salah satu perhatian dalam dunia sepakbola yang berhubungan dengan energi serta kekuatan pemain serta masa depan dalam karirnya.

Rafaela Pimenta sebagai agen dari Pogba meminta agar publik tidak cepat mengambil kesimpulan sebab hasil tes doping yang kedua belum keluar.

“Kami masih menunggu hasil analisa lanjutan, kami tidak bisa sampaikan apapun sampai hal itu selesai. Pogba tidak pernah bermaksud melanggar aturan, itu adalah satu hal yang pasti” tandas Rafaela.

Baca Juga : Hansi Flick Dipecat Usai Jerman Kalah dari Jepang, Siapa Penggantinya?