Asik! Suporter Piala AFF 2022 Boleh Datang Ke Stadion, Polisi: Mohon Tertib

Mabes Polri akhirnya memberikan izin untuk para penonton atau suporter Timnas Indonesia yang ingin menonton Piala AFF 2022 secara langsung di Stadion Gelora Bung Karno.

Asik! Suporter Piala AFF 2022 Boleh Datang Ke Stadion, Polisi: Mohon Tertib
Suporter Piala AFF 2022 boleh datang ke Stadion. Gambar : Jawapos.com/Chandra Satwika

BaperaNews - Pihak kepolisian memberikan izin kepada suporter dan seluruh masyarakat hadir di stadion dalam pertandingan kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Permohonan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk menghadirkan penonton atau suporter akhirnya dipenuhi oleh Mabes Polri lewat surat izin bernomor SI/430/XII/YAN.2.1/2022/BAINTELKAM.

"Alhamdulillah, usaha keras kita dalam meminta izin untuk menghadirkan penonton pada dua laga kandang Timnas Senior di babak penyisihan grup Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), dikabulkan oleh Mabes Polri," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari Antara.

Hasil keputusan terkait izin suporter Piala AFF 2022 boleh datang ke stadion tersebut telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo dan Kementerian Pemuda dan Olaharga.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo, Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Bapak Menpora Zainudin Amali dan pihak-pihak lainnya yang telah merestui serta membantu terwujudnya keinginan dari para penggemar sepakbola Indonesia," sambungnya.

Baca Juga : Jadwal Lengkap Piala AFF 2022, Mulai Perdana 20 Desember 2022

Sebelumnya, faktor dari terhalangnya izin suporter untuk menonton Piala AFF 2022 secara langsung di stadion adalah tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober yang menewaskan lebih dari 130 orang. Pemerintah khawatir kerusuhan kembali terjadi dan memakan korban.

Timnas Indonesia akan menggelar dua laga kandang pada fase grup, yakni melawan Kamboja pada Jumat (23/12) dan menghadapi Thailand (29/12). Saat melawan Kamboja, Iriawan memastikan laga bisa dihadiri 30 ribu penonton. Sedangkan saat menjamu Thailand 50 ribu penonton dipersilakan hadir.

Setelah polisi memberikan izin suporter menonton Piala AFF 2022 secara langsung di stadion, Iriawan berharap para penonton bisa tertib dan menaati peraturan dalam mendukung kiprah anak asuh Shin Tae Yong di kejuaraan antarnegara Asia Tenggara tersebut.

PSSI pun meminta kepada calon suporter Piala AFF 2022 nantinya untuk selalu tertib dan menaati peraturan yang diterapkan pihak penyelenggara.

"Mari kita jaga kepercayaan yang diberikan pihak Kepolisian kepada kita ini dalam mendukung Timnas Senior di SUGBK nanti. Mohon saudara-saudaraku para suporter yang hadir untuk selalu tertib dan mengikuti aturan-aturan yang berlaku, sehingga kondisi dari awal hingga akhir berjalan kondusif," jelas pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia bergabung di Grup A bersama Brunei, Kamboja, Filipina dan Thailand. Timnas Indonesia akan melawan Kamboja pukul 16.30 WIB di Stadion Gelora Bung Karno Jumat, 23 Desember 2022.

Baca Juga : PSSI Berharap Elkan Baggott Main Di Piala AFF 2022