Bupati Padang Lawas Utara Sambut Pelantikan Pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kecamatan Halongonan

Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap, hadiri pelantikan pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kecamatan Halongonan untuk memperkuat kebudayaan di daerah.

Bupati Padang Lawas Utara Sambut Pelantikan Pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kecamatan Halongonan
Bupati Padang Lawas Utara Sambut Pelantikan Pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kecamatan Halongonan. Gambar : Dok.Istimewa
BaperaNews - Paluta, Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap, S.STP, M.Si., menghadiri acara Pelantikan Pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara Periode 2023-2028, yang diselenggarakan di Desa Hiteurat, Kecamatan Halongonan pada hari Senin, 16 Oktober.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap, S.STP, M.Si., Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara Mukhlis Harahap, S.Hi., M.Si., Anggota DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara Mula Rotua Siregar, S.Sos., Pembina Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Padang Lawas Utara H. Burhan Harahap, SH., MH., Ketua Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Padang Lawas Utara Tongku Mukmin Harahap, Camat Halongonan Amri Hamonangan Siregar, S.STP., yang mewakili Danramil 05/PB, mewakili Kapolsek Padang Bolak, dan tamu undangan lainnya.

Pelantikan ini ditandai oleh Keputusan Ketua Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Padang Lawas Utara Nomor: 430/080/LAB-SK/KH/I/2023 tentang Pembentukan Pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara untuk Periode 2023-2028.

Patuan Parlaungan Harahap terpilih sebagai Ketua Lembaga Adat dan Budaya Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara untuk periode 2023-2028.

Tujuan dari pelantikan ini adalah untuk mengembangkan dan menjaga keberlangsungan adat dan budaya di Kabupaten Padang Lawas Utara, dengan harapan terciptanya harmoni dalam komunitas adat dan budaya.

Dalam sambutannya, Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap, S.STP, M.Si., mengucapkan selamat atas Pengukuhan Pengurus Lembaga Adat dan Budaya Kecamatan Halongonan Tahun 2023, serta berharap agar Lembaga Adat dan Budaya Kecamatan Halongonan dapat berperan aktif dalam pembangunan Kabupaten Padang Lawas Utara, khususnya di Kecamatan Halongonan, guna mewujudkan kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat baik secara materi maupun spiritual.

Andar menekankan perlunya peningkatan peran Lembaga Adat dan Budaya dalam berbagai aspek kehidupan, sesuai dengan tujuan pendirian Lembaga Adat dan Budaya di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Semoga pelantikan pengurusan adat ini menjadi momen untuk memperkuat semangat dan motivasi dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan peran Lembaga Adat dan Budaya di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Bupati juga mendukung program kerja Lembaga Adat dan Budaya, asalkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dia juga berharap agar jajaran Lembaga Adat dan Budaya Kecamatan Halongonan terus memperkuat hubungan persaudaraan, kerjasama, dan sinergi dengan seluruh elemen masyarakat lainnya.

Kepada semua pihak, Bupati mengajak untuk bersama-sama membangun dan melestarikan adat dan budaya, sehingga nilai-nilai budaya yang berharga di Kabupaten Padang Lawas Utara dapat terus dijaga.

Penulis : (Haryan).