Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II, Diperkiraan Rp 136 M Bahkan Lebih Besar

Biaya pemakaman Ratu Elizabeth II diperkirakan mencapai Rp 136 Miliar, bahkan bila dihitung efek ekonomi yang terjadi tentunya lebih besar dari angka tersebut.

Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II, Diperkiraan Rp 136 M Bahkan Lebih Besar
Biaya pemakaman Ratu Elizabeth II. Gambar : Pool via AP/Ben Birchall

BaperaNews - Pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II telah dilaksanakan pada Senin kemarin (19/9) di Wetminster Abbey, London. Biaya pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II mencapai Rp 136 Miliar.

Meninggalnya Ratu Elizabeth II memang membawa kesedihan tersendiri bagi Inggris, bukan hal yang aneh jika pemakaman digelar besar-besaran untuk menghormati kepergian Ratu, demi memberikan yang terbaik untuk mengantar Ratu ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Mengingat, Ratu Elizabeth II juga telah menjabat selama 70 tahun sejak 6 Februari 1952, membuatnya jadi pemimpin terlama dalam sejarah Inggris.

Diketahui pihak Kerajaan Inggris juga mengundang ribuan tamu dari seluruh dunia, tidak hanya dari keluarga kerajaan. Namun, juga para pemimpin Negara lain. Acara pemakaman juga disiarkan di TV dan YouTube agar seluruh rakyat bisa menontonnya.

Ratu Elizabeth II telah dimakamkan di samping makam mendiang suaminya Pangeran Philips yang meninggal dunia tahun lalu, namun prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II lebih mewah dibandingkan pemakaman anggota keluarga Inggris sebelumnya.

Baca Juga : Daftar Tamu Undangan Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ada Wakil Indonesia?

Tidak ada angka pasti terkait biaya pemakaman Ratu Elizabeth II, sejumlah spekulasi muncul terkait biaya yang ditanggung oleh Negara tersebut yakni mencapai Rp 136 Milyar atau 8 juta poundsterling.

Sedangkan The India Times menyebut biaya pemakaman Ratu Elizabeth II mungkin mencapai Rp 102 Triliun atau 6 Miliar poundsterling.

Adapun nilai fantastis biaya pemakaman Ratu Elizabeth II  tersebut termasuk perkiraan jumlah kerugian ekonomi karena Inggris menetapkan dua hari libur Bank di hari pemakaman Ratu Elizabeth II dan di hari penobatan Raja Charles III.

Namun Fullfact menyebut angka ini tidak mencerminkan biaya total dari pemakaman Ratu Elizabeth II sebab jumlahnya diperkirakan Ratusan kali lebih besar dibanding biaya pemakaman anggota-anggota keluarga kerajaan lainnya.

Sementara itu proses pemakaman dimulai dengan seremoni jenazah Ratu dari Wetminster Hall ke Wetminster Abbey. Raja Charles III dan tiga orang saudaranya berada di belakang peti jenazah menaiki kereta meriam, 12 tentara terbaik dipilih untuk membawa peti mati sang Ratu.

Pangeran William dan Pangeran Hary, anak dari Raja Charles III dan mendiang Putri Diana juga mengikuti di belakang peti.

Indonesia juga turut diundang dalam pemakaman Ratu Elizabeth II yakni diwakili oleh Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya dan istrinya, Sari. Keduanya hadir pukul 11 siang waktu setempat dengan memakai baju kebaya dan dipadu dengan jas hitam.

Baca Juga : Usai Jadi Raja Inggris, Raja Charles III Pecat 100 Pekerja