Presiden Jokowi Tanam Mangrove di Abu Dhabi

Presiden Jokowi lakukan kunjungan ke Abu Dhabi, dan mengunjungi Jubail Mangrove Park. Jokowi ikut serta tanam Mangrove

Presiden Jokowi Tanam Mangrove di Abu Dhabi
Presiden Jokowi Tanam Mangrove di Abu Dhabi. Gambar : tribunnews.com

BaperaNews - Presiden Jokowi meninjau langsung Jubail Mangrove Park yang letaknya berada di Pulau Al Jubail, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab. Kunjungan kerja kali ini dilakukannya setelah Presiden Jokowi bertemu langsung dengan Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (Putra Mahkota Abu Dhabi) di  Istana Al-Shatie.

Dari kendaraan yang ditumpangi oleh Presiden Jokowi saat hendak menuju ke Pulau Al Jubail, ia melewati beberapa tempat menarik, yakni Jalan Joko Widodo Street hingga Masjid Presiden Joko Widodo. Nama – nama tempat tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah Abu Dhabi kepada Presiden Jokowi.

Selama perjalanan, Presiden Jokowi juga melihat langsung proses pembangunan kantor KBRI baru untuk Abu Dhabi.

Presiden Joko Widodo tiba pada pukul 17.15 waktu setempat di Jubail Mangrove. Kedatangan Presiden Jokowi di Jubail Mangrove disambut hangat oleh Suhail Al Mazrouei (Menteri Energi dan Infrastruktur PEA) dan Mounir Haidar (Direktur Utama Jubail Island Investment Company).

Setibanya disana, Presiden Jokowi juga diberikan penjelasan secara detail terkait lokasi Jubail Mangrove. Presiden Jokowi langsung berjalan kaki melalui boardwalk (jembatan kayu) setidaknya dengan jarak tempuh 300 meter untuk melihat langsung lokasi konservasi mangrove.

Yang menjadi pusat perhatian dan kepopuleran dari Jubail Mangrove sendiri adalah boardwalk yang dilalui Presiden Jokowi itu. Boardwalk di Jubail Mangrove mempunyai 3 rute yang berbeda dan menawarkan pemandangan menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Untuk 3 rute yang ada pun mempunyai jarak tempuh berbeda – beda. Jarak tempuh paling pendek berjarak 1 kilometer, jarak tempuh menengah berjarak 1,6 kilometer dan jarak tempuh paling jauh berjarak 2 kilometer.

Jubail Mangrove Park dibangun dengan konsep taman hutan bakau dengan luas setidaknya 120 meter persegi dan menjadi taman hutan bakau pertama di Abu Dhabi. Jubail Mangrove Park tepatnya diresmikan pada tanggal 20 Januari 2020.

Dilansir dari situs resmi Jubail Mangrove Park, tempat tersebut sengaja dibuat untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan kepada masyarakat Abu Dhabi khususnya di bagian garis pantai.

Selama disana, Presiden Jokowi juga turut serta menanam pohon mangrove tepat di sebelah pohon mangrove yang ditanam oleh Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (Putra Mahkota Abu Dhabi).