Baznas Buka Beasiswa untuk Jenjang S1 Hingga S3

Baznas membuka beasiswa riset Baznas 2023 untuk umum dan dibuka untuk mahasiswa S1, S2, dan S3. Simak selengkapnya!

Baznas Buka Beasiswa untuk Jenjang S1 Hingga S3
Baznas Buka Beasiswa untuk Jenjang S1 Hingga S3. Gambar: Instagram/@beasiswabaznasri

BaperaNews - BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) membuka program beasiswa riset Baznas 2023 untuk umum dan Mazawa (Manajemen Zakat dan Wakaf) berupa bantuan dana untuk mahasiswa dalam mengerjakan riset tugas akhirnya di akhir masa perkuliahan. Beasiswa dibuka untuk mahasiswa S1, S2, dan S3.

Ketua Baznas RI Prof. Noor Achmad mengungkap beasiswa riset Baznas 2023 diluncurkan dalam rangka memperkuat riset tentang pengelolaan zakat dan memperkaya literasinya juga mendorong kerjasama akademisi dan pemangku kepentingan lainnya dalam inovasi mengelola zakat.

“Program beasiswa Baznas 2023 ini bertujuan untuk ciptakan kolaborasi antara ahli, praktisi, dan pemangku kepentingan dalam menciptakan inovasi dalam pengelolaan zakat” kata Noor hari Jumat (25/8).

Beasiswa Baznas dalam prosesnya dilakukan bersama BRIN karena BRIN punya grand desain terkait Indonesia di masa depan.

“Kita akan kembangkan dana sosial keagamaan dan lakukan pengembangan masyarakat sehingga nanti apa kita lakukan sesuai dengan apa yang diharapkan BRIN” imbuhnya.

Baca Juga : Daftar Penyakit yang Tak Ditanggung BPJS Kesehatan Terbaru 2023

Aspek pendidikan mahasiswa jadi instrumen yang bisa membantu mengentaskan kemiskinan. Perlu dilakukan peningkatan akses kepada penduduk pra sejahtera dan inilah komitmen Baznas melalui lembaga beasiswanya yang bisa memberi kesempatan luas untuk mahasiswa dimana mahasiswa tersebut harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

“Kita membuka selebarnya. Jika proposal yang diajukan sesuai kriteria akan kita beri bantuan dana riset dimana syaratnya terkait ekonomi, keagamaan, sosial, dan perkembangan masyarakat” pungkas Noor.

Kepala BRIN Dr. Laksana Tri M.Sc menambahkan, BRIN akan berperan sebagai pihak yang membantu dan mengarahkan dalam riset agar ada peningkatan kerjasama terkait tata kelola zakat, sedekah, infaq, dan lainnya dengan cara yang lebih modern dengan tetap mengacu pada koridor syariah agar uang yang terkumpul bisa lebih banyak karena pada dasarnya zakat yang terkumpul harus segera disalurkan.

“Kita coba cari skema model syariah agar manfaat untuk umat mudah terlihat dan terkait beasiswa Baznas ini kami ingin sinergikan skema riset yang sudah ada Baznas dan BRIN” tandas Laksana.

Beasiswa riset Baznas ada 2 jenis yakni riset umum dan Mazawa. Bagi peserta yang diterima, untuk mahasiswa Diploma/Mazawa/S1 mendapat bantuan dana Rp 4 juta, S2 Rp 7 juta, dan S3 Rp 10 juta. Informasi dan pendaftaran beasiswa riset Baznas 2023 bisa dilakukan secara online di https://beasiswa.baznas.go.id.

Baca Juga : Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka 17 September 2023, Cek Jadwal Lengkapnya!