Baru! Fitur Corrections YouTube, Tak Perlu Upload Ulang Video

YouTube telah menambah fitur baru agar video yang sudah tayang dapat dikoreksi, Fitur tersebut ialah Fitur Corrections. Simak detail selengkapnya!

Baru! Fitur Corrections YouTube, Tak Perlu Upload Ulang Video
Fitur terbaru YouTube mempunyai fitur Corrections yang tidak tidak perlu lagi upload ulang video. Gambar : Unsplash.com/Dok. Christian Wiediger

BaperaNews - YouTube telah menambah fitur baru yang membuat penggunanya bisa memperbaiki dan mengoreksi kesalahan pada video yang sudah diupload dan sudah tayang.

Fitur baru tersebut bernama Correction. Fitur Correction ini memudahkan kreator video untuk tidak harus mengunggah ulang video yang ada kesalahan sekecil apapun di dalamnya.

Lewat fitur baru ini, pengguna diberi ijin untuk menambah catatan informasi pada potongan video klip yang dikoreksi. “Sampai saat ini, jika pembuat konten ingin memperbaiki video yang diunggah atau memberi pembaruan informasi yang sudah tak akurat, pengeditan video membuat engagement dan komentar hilang” bunyi pernyataan resmi dari YouTube.

Fitur Correction akan muncul di bagian kanan atas ketika video masuk ke menit yang dikoreksi, mengklik fitur tersebut akan memberi tampilan keterangan koreksi apa yang sudah dibuat oleh korektor video. Fitur ini tidak bisa mengubah video secara menyeluruh, namun diperuntukkan untuk memperbaiki kesalahan kecil pada video.

“Dengan peluncuran fitur Correction, kreator bisa menarik atensi penonton pada koreksi dan klarifikasi di video yang diunggah” lanjut YouTube.

Lantas bagaimana cara penggunaannya? Dilansir dari YouTube di bagian menu bantuan, untuk bisa memakai fitur Correction, pengguna hanya perlu menambahkan Correction pada deskripsi video. Tambahkan catatan waktu dan penjelasan tentang koreksi yang dibuat, sesi tersebut akan tampil setelah bab manapun di video.

Baca Juga : Cara Minta Hapus Konten Digital Di Google

Ketika ada yang menonton, mereka akan melihat fitur Correction di kanan atas video.

Fitur baru tersebut juga jadi pilihan untuk penonton agar bisa melihat video baru dengan topik yang sama, contohnya ketika ada video tentang tutorial aplikasi, kreator video bisa menambahkan catatan tentang isi tutorialnya misalnya ada pembaruan atau perubahan cara dalam menggunakannya.

YouTube sendiri saat ini tidak hanya menjadi media hiburan dan informasi, namun juga dijadikan ladang bisnis, ribuan kreator berusaha membuat video semenarik dan sebagus mungkin untuk bisa dapatkan penonton sebanyak-banyaknya yang akhirnya akan jadi pundi-pundi uang untuknya.

Dengan fitur Correction, pembuat video tidak akan kehilangan komentar atau likenya ketika menemukan kesalahan pada video yang kreator buat, karena kreator tinggal memperbaiki saja, tidak perlu menghapus video yang sudah terunggah ataupun membuat yang baru.

Dengan demikian fitur baru Correction ini akan jauh menghemat waktu dan tenaga dan tidak merubah jumlah penonton, like, atau komentar yang ada.