Alasan Pemerintah Beri Nama KCJB Jadi Whoosh

Pemerintah Indonesia meresmikan nama resmi untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebagai 'Whoosh'.

Alasan Pemerintah Beri Nama KCJB Jadi Whoosh
Alasan Pemerintah Beri Nama KCJB Jadi Whoosh. Gambar : Kompas.com/Wisnu Nugroho

BaperaNews - Pemerintah Indonesia resmi umumkan nama resmi untuk kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) yakni “Whoosh”.

Kereta Whoosh dipilih sebagai nama untuk kereta tercepat di ASEAN ini dan diumumkan pada press conference Kandidat Nama dan Logo Kereta Cepat Indonesia pada hari Kamis (21/9).

Presiden Jokowi dan pemangku kepentingan lainnya seperti Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan Budi Karya sudah setuju dengan nama ini.

Nama kereta Whoosh diterapkan mulai dari stasiunnya bahkan bertahap di interior kereta. Bukan tidak mungkin nama sama juga akan diterapkan di proyek selanjutnya kereta cepat Jakarta Surabaya.

Alasan Pemerintah Ubah KCJB Jadi Whoosh

“Namanya Whoosh, jadi kita bilang whoosh whoosh whoosh. Pak Presiden, Pak Menteri, ketika di dlaam kereta itu selalu bilang whoosh whoosh whoosh sehingga akhirnya nama ini yang ditentukan. Paling penting masyarakat sudah punya sebutan resmi ya, bukan KCJB atau KCIC tapi naik whoosh. Mungkin nanti ke Surabaya juga whoosh namanya” ungkap Ketua Tim Panel Sayembara Identitas Jenama Kereta Cepat Indonesia Triawan Munaf.

Baca Juga : Sudah Dibuka untuk Masyarakat, Ini Cara Daftar Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Alasan pemerintah ubah KCJB jadi whoosh selain karena ucapan Presiden dan pejabat lain ketika menjajal kereta tersebut juga berisi arti mendalam. Whoosh singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Whoosh juga ada artinya dalam bahasa Inggris.

“Kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) ini namanya Whoosh yang dalam bahasa Inggris artinya cepat. Kita perlu satu istilah yang bisa diterima tidak hanya lokal namun juga internasional” pungkas Triawan.

Sayembara Logo Whoosh

Tim menilai nama itu ialah yang paling tepat. Nama KCJB telah resmi ditentukan, kini yang juga akan ditentukan ialah logo Whoosh yang sedang dibuka sayembaranya.

“Itu upaya luar biasa, saya surprise, saya terperangah dapat kata whoosh untuk kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB), bagus juga” komentar Menhub Budi.

Jadi pemerintah ubah KCJB jadi Whoosh telah resmi dilakukan. Whoosh saat ini sedang tahap uji coba dengan masyarakat umum. Nantinya kereta Whoosh akan resmi dibuka pada 1 Oktober 2023.

Tiket uji coba semuanya telah habis dipesan untuk perjalanan 25-30 September 2023 mendatang. Whoosh sendiri berkecepatan 350 km/jam, menjadi kereta tercepat di Asia Tenggara. yuk naik kereta Woosh!.

Baca Juga : Keren! Begini Tampilan Kursi First Class KCJB