Absen Lawan Arab Saudi, Maarten Paes Baru Bela Timnas Indonesia Saat Lawan Australia

Maarten Paes absen dalam laga perdana Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi. Namun, ia baru akan membela Timnas Indonesia saat lawan Australia.

Absen Lawan Arab Saudi, Maarten Paes Baru Bela Timnas Indonesia Saat Lawan Australia
Absen Lawan Arab Saudi, Maarten Paes Baru Bela Timnas Indonesia Saat Lawan Australia. Gambar : Instagram/@maartenpaes

BaperaNews - Timnas Indonesia tengah bersiap menghadapi Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Namun, ada kabar yang sedikit mengecewakan bagi para penggemar sepak bola Tanah Air. Maarten Paes, kiper baru yang diharapkan bisa memperkuat lini pertahanan Timnas, harus absen dalam laga melawan Arab Saudi. 

PSSI telah mengonfirmasi bahwa Maarten Paes baru akan bisa membela Timnas Indonesia saat pertandingan melawan Australia pada 10 September 2024 mendatang.

Absennya Maarten Paes di laga pertama melawan Arab Saudi pada 5 September 2024 disebabkan oleh penutupan pendaftaran pemain yang sudah dilakukan oleh AFC pada 8 Agustus 2024.

Sayangnya, perpindahan federasi Maarten Paes baru selesai pada 18 Agustus 2024 sehingga ia tidak bisa didaftarkan untuk pertandingan pertama.

Namun, Paes dipastikan akan bisa tampil pada laga kedua Timnas Indonesia di Grup C. Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, yang tentunya akan menjadi debut pertamanya bersama Skuad Garuda.

AFC memang memiliki aturan ketat terkait pendaftaran pemain. Untuk pertandingan pertama dalam Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, pendaftaran harus dilakukan paling lambat pada 8 Agustus 2024. Perpindahan federasi Paes baru selesai setelah tanggal tersebut, maka ia tidak bisa ikut serta dalam laga melawan Arab Saudi.

Baca Juga: Fabrizio Romano Sebut Joao Felix Sepakat untuk Kembali Perkuat Chelsea

Pendaftaran pemain dilakukan tujuh hari sebelum pertandingan. Ini berarti, Timnas Indonesia masih punya waktu untuk mendaftarkan Maarten Paes agar bisa bermain melawan Australia.

"Timnas Indonesia kan melawan Australia pada 10 September 2024, berarti batasnya 3 September 2024. Jadi, Maarten Paes kan sudah selesai," jelas Arya Sinulingga, anggota Exco PSSI, dalam kanal YouTubenya.

Kehadiran Maarten Paes di bawah mistar gawang diharapkan bisa memberikan tambahan kekuatan bagi Timnas Indonesia. Menghadapi Australia di pertandingan kedua tentu bukan hal yang mudah, namun dengan tambahan amunisi di lini belakang seperti Paes, harapannya Timnas bisa tampil lebih solid. 

"Berarti Maarten Paes sudah bisa bermain melawan Australia karena batas waktu tadi. Mengenai Maarten Paes, semoga jangan jadi kebingungan di antara kita," tambah Arya Sinulingga.

Pertandingan pertama Timnas Indonesia di Grup C akan berlangsung di Stadion King Abdullah Sports City, Arab Saudi, pada 5 September 2024. Meskipun tanpa kehadiran Paes, Timnas diharapkan bisa tampil maksimal.

Sementara itu, laga kedua melawan Australia akan menjadi momen penting untuk menunjukkan kekuatan penuh dengan adanya Maarten Paes di bawah mistar gawang.

Baca Juga: Bocoran Skuad Timnas Indonesia Vs Australia dan Arab Saudi di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026