5 Rekomendasi Kegiatan Yang Bisa Buat Momen Lebaran Jadi Lebih Seru

Momen berkumpul bersama keluarga pada perayaan Lebaran biasanya dilakukan di dalam rumah. Meski hanya di dalam rumah ada beberapa aktivitas seru yang bisa kalian lakukan saat berkumpul bersama keluarga loh!

5 Rekomendasi Kegiatan Yang Bisa Buat Momen Lebaran Jadi Lebih Seru
Ilustrasi momen lebaran di rumah saja. (Foto: Womentalk)

BaperaNews - Penantian selama kurang lebih 30 hari menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadan akan ditutup dengan Perayaan Hari Raya Idul Fitri. Momen perayaan ini akan menjadi momen yang berkesan karena biasanya menjadi ajang kumpul bersama keluarga.

Momen berkumpul bersama keluarga pada perayaan Lebaran biasanya dilakukan di dalam rumah. Meski hanya di dalam rumah ada beberapa aktivitas seru yang bisa kalian lakukan saat berkumpul bersama keluarga, diantaranya yakni:

  1. Menghias Rumah Dengan Suasana Idul Fitri

Menghias rumah bisa menjadi salah satu kegiatan untuk kamu mengisi waktu libur lebaran bersama keluarga. Tradisi momen lebaran yang biasanya diisi dengan mengunjungi kediaman sanak saudara dan kerabat-kerabat terdekat, membuat menghias rumah dengan suasana idul fitri menjadi pilihan yang tepat. Karena dengan keadaan rumah yang rapi akan membuat tamu merasanya nyaman, atau paling tidak ini bisa menunjang suasana saat sanak saudara berkumpul.

Menghias rumah dengan suasana Idul Fitri bisa dimulai dari bersih-bersih debu pada lantai dan furniture rumah, memajang bunga pada ruang tamu, hingga mempersiapkan hidangan untuk para tamu yang akan datang nantinya.

  1. Melakukan permainan

Momen berkumpul bersama keluarga dengan permainan-permainan dari permainan seru hingga permainan yang dapat membuat kalian bertukar pikiran dengan sepupu atau saudara lainya. Permainan seru yang cocok untuk usia anak-anak hingga remaja antara lain ular tangga, monopoli, kartu uno, uno stacko, ataupun permainan puzzle.

Baca Juga: Catat! Ini Waktu Yang Dianjurkan Untuk Membayar Zakat Fitrah

Nah untuk kamu yang memiliki sepupu dengan usia yang sudah memasuki kategori dewasa permainan kartu pertanyaan bisa jadi pilihan yang tepat. Selain dapat mengisi waktu luang, permainan ini juga bisa membuat kamu lebih terbuka dengan pandangan atau pemikiran orang lain terkait suatu hal.

  1. Karaoke bersama

Bernyanyi juga bisa membuat suasana semakin meriah. Karena itu, kamu bisa mencoba melakukan karaoke bersama keluarga pada momen Lebaran. Untuk melakukan ide aktivitas Lebaran yang satu ini, kamu hanya perlu mempersiapkan mic dan speaker. Ada berbagai pilihan lagu di YouTube yang disediakan dengan lirik sehingga anggota keluarga bisa mengikutinya.

Jika ada anggota keluarga yang bisa bermain alat musik tentu akan lebih baik lagi. Pilihlah lagu-lagu yang disukai bersama lalu mulai menyanyikannya dengan penuh semangat. Ini merupakan ide kegiatan hiburan sekaligus mengisi waktu. Jangan lupa juga untuk merekam momen ini untuk menjadi kenangan pada masa depan.

  1. Piknik di Rumah

Hari Raya Idul Fitri yang identik dengan silaturahmi dan makanan juga dapat diisi dengan kegiatan berpiknik di rumah bersama sanak saudara. Jika kamu memiliki lahan kosong di rumah seperti halaman, ruang tamu, atau garasi kamu dapat mendekor lahan tersebut dengan tenda, lampu-lampu hingga alat-alat barbequean.

Dengan dekorasi yang sedemikian rupa dapat membuat suasan di dalam rumah serupa dengan piknik-piknik yang dilakukan di luar rumah. Piknik di rumah bisa kalian isi dengan bercengkrama bersama sanak saudara, masak-masak, ataupun sekedar duduk-duduk santai.

  1. Ibadah bersama

Nah yang tidak boleh ketinggalan adalah menggelar kegiatan ibadah bersama saat momen Lebaran di rumah. Seluruh anggota keluarga bisa mengikutinya. Inilah momen yang utama dan membuat Lebaran menjadi semakin penuh kesan.

Baca Juga: 10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Bareng Keluarga