Wow! Bakal Ada Hujan Meteor 13 Agustus 2023

Fenomen hujan meteor perseid akan menghiasi langit pada Sabtu - Minggu (12/13) Agustus 2023 dan bisa dinikmati dengan mata telanjang di Indonesia.

Wow! Bakal Ada Hujan Meteor 13 Agustus 2023
Hujan Meteor Perseid Akan Hadir Pada Minggu, 13 Agustus 2023. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva.com

BaperaNews - Hujan meteor perseid akan menghiasi langit pada 12-13 Agustus 2023. Fenomena alam angkasa ini juga bisa dinikmati dengan mata telanjang di Indonesia.

Momen hujan meteor 2023 seringkali dianggap sebagai fenomena angkasa terbaik karena jarang terjadi dan meteor yang turun sangat banyak layaknya pemandangan kembang api dari angkasa.

Fenomena hujan meteor perseid di tahun 2022 lalu terjadi bersamaan dengan bulan purnama sehingga membuat langit nampak lebih terang dan meteor yang jatuh justru nampak lebih redup dan tidak terlalu terlihat.

Sedangkan hujan meteor 2023 ini jatuh di masa bulan sabit dengan kecerahan bulan hanya 10% sehingga ada kemungkinan hujan meteor perseid bisa dilihat lebih jelas tidak redup seperti tahun lalu.

“Hujan meteor 13 Agustus 2023 perseid ini dianggap sebagai hujan meteor 2023 terbaik karena terjadi di musim panas dengan tinggi dan suhu yang menyenangkan” bunyi pernyataan resmi NASA (lembaga antariksa Amerika Serikat). Puncak hujan meteor 13 Agustus 2023 perseid terjadi ketika bumi melewati puing paling padat dari sisa komet swift tuttle.

Baca Juga : BMKG Ungkap Dampak Fenomena El Nino dan IOD di Indonesia

Hujan meteor 13 Agustus 2023 jam berapa?

Di AS, hujan meteor perseid bisa disaksikan pada sebelum subuh dengan intensitas 40 meteor per jamnya. Jumlah tersebut hanya bisa dicapai jika dilihat dari wilayah yang cukup gelap atau minim cahaya.

Jika dilihat di langit cerah misalnya di pinggiran kota bisa mengurangi intensitas meteor yang nampak sekitar 10 atau lebih sedikit per jamnya.

Di Indonesia juga banyak pertanyaan tentang hujan meteor 13 Agustus 2023 jam berapa yang telah dijawab oleh BRIN dan ORPA (Organisasi Riset Penerbangan Antariksa) dimana puncaknya di Indonesia muncul pada Minggu dini hari (13/8) dengan intensitas 36-61 meteor per jam. Hujan meteor bisa dilihat paling baik di belahan bumi utara.

Untuk bisa menikmatinya, cukup dengan berada di daerah dengan kondisi minim cahaya, kondisi langit cerah, dan kesabaran. Tidak perlu melihat secara khusus ke arah tertentu, biasanya hujan meteor bisa dilihat di seluruh bagian langit.

“Hujan meteor 13 Agustus 2023 jam berapa? Nah, fenomena astronomi apa saja ya di tahun 2023? yuk simak hujan meteor! Informasi lebih lanjut kunjungi https://edusainsa.brin.go.id atau s.id/ORPA” tulis @lapan_ri dalam unggahannya.

Jangan lupa saksikan keindahan hujan meteor perseid pada Minggu, 13 Agustus 2023 dini hari mendatang ya! Semoga bisa menjadi salah satu orang beruntung yang menyaksikan keindahannya!

Baca Juga : 6 Daftar Fenomena Astronomi yang Terjadi Pada Tahun 2023