Hore! Pelanggan Twitter Blue Bisa Sembunyikan Centang Biru

Twitter Blue memberikan opsi baru bagi pengguna untuk menyembunyikan centang biru dari profil Twitter mereka.

Hore! Pelanggan Twitter Blue Bisa Sembunyikan Centang Biru
Hore! Pelanggan Twitter Blue Bisa Sembunyikan Centang Biru. Gambar : Reuters/Dok. Dado Ruvic

BaperaNews - Memiliki centang biru atau verified akun seringkali menjadi daya tarik utama dalam bermedia sosial. Namun pelanggan Twitter Blue kini justru diberi opsi untuk sembunyikan centang biru Twitternya sehingga tidak nampak di profil Twitter pemilik akun tersebut.

Pelanggan Twitter Blue mulai temukan opsi “Hide your Blue Checkmark” atau sembunyikan centang biru Twitter di web maupun aplikasi ponsel sejak Twitter merubah nama aplikasi dan logonya menjadi X. X juga merubah laman dukungan untuk profil Twitter Blue dengan deskripsi baru.

“Sebagai pelanggan, kalian bisa memilih opsi sembunyikan centang di akun kalian, tanda centang akan otomatis tersembunyi dari profil maupun postingan kalian” tulis Twitter di laman About Twitter Blue dilansir hari Kamis (3/8).

Twitter menambahkan tanda centang biru mungkin tetap akan muncul di sejumlah bagian serta pelanggan Twitter Blue tetap mendapat fasilitas berlangganan namun ada sejumlah fitur yang juga tidak tersedia ketika pelanggan memilih sembunyikan centang biru Twitter dari profil Twitternya.

Opsi ini dirasa bermanfaat untuk pelanggan yang ingin menikmati fitur eksklusif seperti edit tweet atau membuat cuitan berkarakter lebih panjang tanpa harus menunjukkan mereka adalah pelanggan Twitter Blue. Opsi sembunyikan centang biru berada di menu “Profile Customization” pada Pengaturan Akun. 

Baca Juga : Ini Alasan Elon Musk Ubah Nama Twitter Menjadi X

Twitter/X telah menjual centang biru atau layanan verified akun agar identitas asli dari pemilik akun diakui keasliannya serta melindungi dari resiko pemalsuan akun dan sejenisnya. Sistem menjadi berantakan ketika bos Twitter/X mengijinkan semua pelanggan Twitter Blue memiliki centang biru.

Meski demikian, centang biru tetap dibagi menjadi 2 kasta yaitu akun legacy atau mereka yang benar-benar mendapat centang biru dari Twitter dan akun centang biru dengan cara pembayaran atau langganan Twitter Blue. Layanan centang biru Twitter memang tersedia di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Sejak layanan centang biru berbayar Twitter diperkenalkan, sebagian orang menganggap hal ini memalukan. Banyak yang mengejek pengguna Twitter Blue dengan meme this my paid for Twitter atau akun tersebut sebenarnya bukan akun yang pantas mendapat centang biru namun hanya karena dia mau membayar biaya saja dia mendapat akun centang biru.

Baca Juga : Twitter Blue Bisa Upload Video Hingga 2 Jam, Film Bajakan Bakal Muncul?