Warga Jateng Diduga Terkena Cacar Monyet, Pintu Masuk Indonesia Diperketat

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo langsung perintahkan untuk memperketat pintu masuk Indonesia usai warga Jateng diduga terjangkit cacar monyet.

Warga Jateng Diduga Terkena Cacar Monyet, Pintu Masuk Indonesia Diperketat
Warga Jateng diduga terkena cacar monyet. Gambar : The Washington Post/Melina Mara

BaperaNews - Seorang warga Jawa Tengah diduga terjangkit cacar monyet atau monkeypox. Saat ini status cacar monyet tersebut masih suspect dan terus dipantau dinas kesehatan setempat. Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai menerima Komandan Pusat Hidro Oseanografi TNI AL Laksamana Madya Nurhidayat pada Rabu (3/8).

Ganjar Pranowo menegaskan, pasien tersebut statusnya bergejala, namun belum dipastikan memang terjangkit cacar monyet. “Kita belum menentukan apa itu cacar monyet atau bukan, tapi lagi kita pantau” ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah melanjutkan, sebelumnya juga ada kasus serupa di Jateng yakni memiliki gejala mirip cacar monyet, namun setelah diperiksa, hasilnya negatif.

“Dulu pernah ada yang masuk ke kami, saya sudah cek, tapi hasil lab terakhirnya bukan cacar monyet, Alhamdulillah” imbuhnya.

Sebab itu, Ganjar Pranowo menghimbau masyarakat tetap waspada dan pemerintah memperketat pintu masuk Indonesia mengingat wabah cacar monyet berasal dari luar negeri.

“Kami meminta, karena ini pasti ada pengaruh dari luar, maka pintu masuk Indonesia masih butuh pengetatan dan checking memakai banyak peralatan agar kita bisa aman” tegasnya.

Baca Juga : Cacar Monyet: Kemenkes Ungkap Gejala Dan Minta Masyarakat Lapor

Ganjar Pranowo juga menghimbau agar masyarakat tidak panik, menjaga pola hidup sehat, dan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan kesadaran masing-masing.

“Masyarakat Jawa Tengah nggak perlu panik, kalau merasa tidak sehat periksa, itu yang paling mudah, dalam konteks Covid-19 juga sama, segera lakukan booster, pakai maskermu, Insya Allah aman” tandas Ganjar.

Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah menjelaskan, pasien yang terjangkit cacar monyet tersebut kini sedang menjalani isolasi dan kondisinya dipantau secara intensif oleh rumah sakit setempat. Statusnya juga masih suspect atau gejala.

Sebagai informasi, cacar monyet kini ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh badan kesehatan dunia WHO akibat banyaknya kasus yang meningkat secara signifikan di sejumlah Negara. Kasus sebagian besar ditemukan pada pasangan sesama jenis atau gay.

Tanda atau gejala cacar monyet diantaranya demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot.

Perbedaan utama cacar monyet dengan cacar air ialah cacar monyet membuat pembengkakan pada kelenjar getah bening sedangkan cacar air tidak.

Gejala cacar monyet lain yang bisa muncul ialah batuk, mata memerah, hidung berair, nafsu makan hilang, bulu rontok, dan ruam atau bintik merah di kulit. Kulit bisa terasa sangat gatal atau nyeri.

Jika mengalami gejala - gejala cacar monyet tersebut, segera periksa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Baca Juga : Simak! Fakta - Fakta Penting Penyakit Cacar Monyet