Waduh! 5 Warga Probolinggo Mendadak Punya Utang di Bank Rp25 Juta, Kok Bisa?

Sebanyak lima warga di Probolinggo terkejut ketika mendadak mengetahui memiliki utang di bank senilai Rp25 juta dari kartu tani mereka. 

Waduh! 5 Warga Probolinggo Mendadak Punya Utang di Bank Rp25 Juta, Kok Bisa?
Waduh! 5 Warga Probolinggo Mendadak Punya Utang di Bank Rp25 Juta, Kok Bisa? Gambar : DetikJatim/Dok. M Rofiq

BaperaNews - Sebanyak lima warga di Desa Banyuanyar Tengah, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, mendapati diri mereka tiba-tiba memiliki utang di bank senilai Rp25 juta dari kartu tani mereka. 

Yakub (61), Khafifah (56), Suradi (67), Hasil (58), dan Soim (64) terkejut setelah mengetahui bahwa masing-masing dari mereka memiliki utang signifikan di salah satu bank di Probolinggo. 

Yakub, salah satu korban, mengungkapkan bahwa kejadian ini bermula ketika mereka mengetahui bahwa pihak dari perangkat desa setempat mengajukan pinjaman melalui program kartu tani dengan menggunakan identitas warga Desa Banyuanyar Tengah. 

Baca Juga : Sepasang Kekasih Tewas Bunuh Diri di Kamar Kos, Diduga Karena Terlilit Utang

"Pihak bank menjelaskan jika pengajuan pinjaman sebesar Rp25 juta itu menggunakan data dan identitas saya dan yang lain. Padahal kami tidak merasa mengajukan pinjaman apapun sebelumnya," terang Yakub.

Atas kejadian ini, Yakub dan empat rekannya memutuskan untuk melapor ke Polres Probolinggo terkait dugaan tindak pidana pemalsuan dokumen dan perbankan. 

Kasat Reskrim Polres Probolinggo, Iptu Putra Adi Fajar Winarsa, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan tersebut, dan penyelidikan sudah dimulai. Para korban juga telah diperiksa oleh pihak kepolisian. 

"Dalam waktu dekat, kami akan memeriksa para pelapor kembali," tandasnya.

@baperanews.com Sebanyak lima warga di Probolinggo terkejut ketika mendadak mengetahui memiliki utang di bank senilai Rp25 juta dari kartu tani mereka #probolinggo #kartutani #pemalsuandata #baperanews ♬ original sound - BAPERA NEWS

Baca Juga : Anak Pejabat Pemprov Lampung Diduga Jadi Joki CPNS Gegara Terlilit Utang