Anak Pejabat Pemprov Lampung Diduga Jadi Joki CPNS Gegara Terlilit Utang

Polda Lampung sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku perjokian dalam ujian CPNS Kejaksaan 2023.

Anak Pejabat Pemprov Lampung Diduga Jadi Joki CPNS Gegara Terlilit Utang
Anak Pejabat Pemprov Lampung Diduga Jadi Joki CPNS Gegara Terlilit Utang. Gambar : Dok.Tribunnews

BaperaNews - Polda Lampung tengah menggelar pengejaran terhadap para pelaku perjokian dalam ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kejaksaan 2023. Seorang tersangka, RDS (20), berhasil ditangkap, sementara tiga pelaku lainnya melarikan diri setelah aksinya terbongkar.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astutik, mengungkapkan bahwa keempat pelaku, termasuk RDS, merupakan bagian dari sebuah tim. Tiga pelaku lainnya kabur setelah perbuatan mereka terungkap.

"Mereka adalah tim sebetulnya, namun demikian ketika ini mencuat, tiga lainnya melarikan diri. Saat ini petugas kami sedang melakukan pengejaran kepada ketiga orang yang terduga menjadi tim dari RDS," ujar Umi pada Kamis (16/11).

Dikonfirmasi mengenai apakah ketiga pelaku yang melarikan diri merupakan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Umi mengonfirmasinya. Ketiganya sama-sama mahasiswa dari kampus tersebut.

Baca Juga : Wabup Lampung Kaget Tak Ada Pegawai di Jam Kerja Saat Sidak Kantor Kecamatan

"Iya, sama dengan RDS (mahasiswa ITB)," tuturnya.

Identitas para pelaku sudah diketahui oleh pihak berwajib. Umi menyampaikan bahwa informasi tersebut diperoleh dari keterangan RDS yang saat ini masih dalam proses pemeriksaan terkait pengungkapan perjokian tersebut.

"Sudah, dari hasil keterangan RDS. Kami sudah mengetahui identitasnya," imbuhnya.

Umi menjelaskan bahwa keempat pelaku memiliki peran yang berbeda. RDS, sebagai joki, sementara tiga pelaku lainnya bertugas menyiapkan fasilitas, termasuk memodifikasi identitas diri.

"Yang jadi joki ini hanya RDS, sementara tiga lainnya berperan menyiapkan semua fasilitas seperti identitas diri yang telah dimodifikasi dan sebagainya," katanya.

Status RDS saat ini masih sebagai saksi terperiksa. Pihak kepolisian terus mendalami peran dan motif di balik aksi perjokian yang dilakukan oleh keempat pelaku ini.

Pelaku yang Diduga Anak Pejabat Pemprov Lampung

Belum diketahui secara jelas mengenai latar belakang dan motivasi pelaku, namun informasi yang beredar menyebutkan bahwa salah satu dari mereka, RDS, diduga sebagai anak dari pejabat Pemerintah Provinsi Lampung.

Polda Lampung berkomitmen untuk mengungkap seluruh jaringan perjokian dalam tes CPNS Kejaksaan 2023. Proses pengejaran terhadap tiga pelaku yang melarikan diri masih terus dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim yang terlibat dapat dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya.

Baca Juga : Tegaskan Tak Ada Orang Dalam di Seleksi CPNS, MenpanRB: Putri Presiden Pernah Gagal