Viral! Pemuda Indonesia Bernama Ghozali Yang Jual Swafoto Dirinya Di NFT Laku Hingga Rp 30 Juta

Heboh Pemuda asal Indonesia viral di media sosial Twitter usai membagikan pengalamannya setelah menjual swafoto di bisnis Non Fungible Token (NFT), OpenSea dan meraup untuk besar!

Viral! Pemuda Indonesia Bernama Ghozali Yang Jual Swafoto  Dirinya Di NFT Laku Hingga Rp 30 Juta
Pemuda Indonesia Bernama Ghozali Yang Jual Swafoto Dirinya Di NFT . Gambar: Twitter/Ghozali_Ghozalu

BaperaNews - Pemuda asal Indonesia trending dalam media sosial Twitter usai membagikan pengalamannya menjual swafoto di bisnis Non Fungible Token (NFT), OpenSea. Pemuda itu bercerita melalui akun Twitternya, @Ghozali_Ghozalu terkait pengalamannya menjual swafoto tersebut.

Awalnya ia mengaku heran karena swafoto nya bisa laku terjual di platform tersebut. Ghozali mengatakan jika hal tersebut sudah dilakukannya sejak empat tahun lalu. Selama itu, Ghozali mengaku telah menjual lebih dari 230 foto selfie miliknya. Atas hal tersebut, ia pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membeli swa fotonya.

Atas pengalamannya itu, Ghozali pun viral di Twitter karena dapat mengumpulkan 0,66 Ethereum atau setara dengan Rp30 Juta dalam waktu 4 hari.

"Hari ini terjual lebih dari 230 dan sampai sekarang saya tidak mengerti mengapa anda ingin membeli foto #NFT saya !!! Tapi saya berterima kasih kepada kalian selama 5 tahun usaha terbayar," ujar Ghozali dikutip dari akun Twitter miliknya, Rabu 12 Januari 2022.

Dari akun Open Sea miliknya, sebanyak 933 item NFT yang terdiri dari foto selfie pribadinya itu telah laris terjual. Satu foto milik Ghozali dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta. Kemudian untuk keseluruhannya, bisnis NFT Ghozali mencapai 8,5 Ethereum atau sekitar Rp 391 jutaan.

Pada unggahan di Twitter miliknya, Ghozali menyampaikan bahwa dirinya akan berhenti menjual swafoto dirinya selama beberapa tahun kedepan. Ia pun menyampaikan pada semua pihak yang telah membeli fotonya agar merasa bebas menggunakannya. Namun, ia meminta mereka agar tidak menggunakan fotonya untuk hal yang tidak senonoh.

"Sudah 3 hari dan tersisa 331 NFT. Beli sekarang karena untuk beberapa tahun ke depan saya tidak akan membuat daftar (menjual foto selfie-nya). Anda dapat melakukan apa saja (dengan foto saya), tetapi tolong jangan menyalahgunakan swafoto saya atau orang tua saya akan sangat kecewa kepada saya," kata Ghozali.

"Saya percaya kalian, jadi tolong jaga foto-fotoku," pungkasnya.

NFT merupakan semacam token yang tak dapat ditukarkan, yang biasanya ditemukan di blockchain. Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT menjadi semakin banyak peminatnya pada akhir 2021.

Sama seperti mata uang fisik, NFT dapat dipakai untuk membeli barang dan jasa dalam bentuk virtual. Meskipun bisa digunakan untuk membeli sesuatu, NFT tak dapat diperdagangkan dan ditukarkan seperti kripto. Keunggulan NFT yang bisa dipertimbangkan oleh peminatnya adalah tingkat keaslian.

Konsep NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli tanpa ada yang bisa menirunya. Tidak hanya itu, NFT menyertakan bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikasi.

Biasanya, jual beli NFT dilakukan melalui beberapa situs terpercaya seperti Mintable, Nifty Gateway, Rarible, dan OpenSea seperti dilakukan Ghozali.

Baca Juga: Jokowi Nyatakan Vaksin Booster Gratis, Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Vaksin Dosis Ketiga!