Viral di TikTok! Warga Sipil Nyamar Jadi Brimob, Sebulan Baru Ketauan

Cerita mencengangkan seorang warga sipil dari Maluku yang berhasil menyamar sebagai anggota Brimob selama satu bulan. Simak selengkapnya di sini!

Viral di TikTok! Warga Sipil Nyamar Jadi Brimob, Sebulan Baru Ketauan
Viral di TikTok! Warga Sipil Nyamar Jadi Brimob, Sebulan Baru Ketauan. Gambar : Kolase Tiktok/doubleagent01

BaperaNews - Seorang pria asal Maluku, dengan inisial IHA, mencuri perhatian publik setelah terciduk menyamar sebagai anggota Brimob gadungan dan bahkan tinggal di markas tersebut selama satu bulan.

Cerita ini diungkapkan melalui akun TikTok @doubleagent01.

Dalam video yang diunggah, narasi menyebutkan bahwa IHA, yang disebut sebagai "pria tampan pemberani," berhasil tinggal di markas Brimob tanpa sepengetahuan petugas selama satu bulan.

Pria berusia 23 tahun ini bahkan diklaim tidak dikenal oleh anggota Brimob yang lain.

"Sudah satu bulan si tampan pemberani tinggal satu barak. Dan lucunya bisa gak kenal. Setelah satu bulan baru ketahuan. Katanya elit full gear. Satu bulan disabotase orang sipil, tinggal dibarak selama 1 bulan nggak kenal. Apatis," demikian bunyi narasi dalam video tersebut.

Kedok IHA terbongkar pada Rabu (23/11) sekitar pukul 15.59 WIT. Brigadir Heri Kusmawan mencurigai gerak-gerik IHA yang meminta rokok di Barak Remaja Batalyon B Resimen III Pelopor. Brigadir Heri kemudian berkoordinasi dengan provos untuk menginterogasi IHA.

Baca Juga: Jadi Debt Collector Gadungan, Pria di Depok Curi Data Hingga Jual Motor Sitaan

IHA akhirnya diamankan di Ruang Provos Pas Pelopor dan diinterogasi oleh Provos Paspor AKP Wirudo dan Paminal Mako Korbrimob. Terungkap bahwa IHA, atau Indra Hikmal Adam, lahir di Ternate pada 15 April 2001, hanyalah seorang warga sipil yang dengan sengaja mengikuti pelatihan di barak remaja.

IHA berasal dari Jl. Raya Fitu Rt 001/001 Desa Fitu, Kec. Kota Ternate Selatan. Selama tinggal di markas Brimob, sejumlah barang bukti berhasil diamankan, termasuk senjata, alat komunikasi, dokumen identitas, dan barang pribadi lainnya. Total barang yang disita mencapai 38 item.

Cerita ini memunculkan berbagai pertanyaan tentang keamanan di dalam markas Brimob dan bagaimana seorang warga sipil bisa menyamar begitu lama tanpa sepengetahuan aparat keamanan. 

Sementara IHA telah diamankan dan kejadian ini telah terungkap, publik tetap mengikuti perkembangan cerita ini di platform TikTok

Cerita pria Maluku jadi Brimob gadungan ini terlihat aneh bin ajaib, hingga kini belum diketahui secara pasti apa alasan dibalik dirinya melakukan penyusupan ini.

Ini jadi cerita pertama kali warga sipil yang berhasil nyelinap masuk dan ikut latihan.

@baperanews.com Seorang pria asal Maluku, dengan inisial IHA, mencuri perhatian publik setelah terciduk menyamar sebagai anggota Brimob gadungan dan bahkan tinggal di markas tersebut selama satu bulan #brimob #menyamar #viral #baperanews ♬ Gak Bahaya Ta - DJ Chen

Baca Juga: Viral Kisah Mahasiswa Gadungan, Undang Orang Tua Wisuda Tapi Ternyata Tak Pernah Kuliah!