Top Global: Sri Lanka Makin Kacau Hingga 4 Gubernur Rusia Mundur

Peristiwa dunia terkini mulai dari krisis di Sri Lanka yang kacau hingga perkembangan perang Rusia dan Ukraina dimana sejumlah Gubernur Rusia memilih mundur!

Top Global: Sri Lanka Makin Kacau Hingga 4 Gubernur Rusia Mundur
Situasi Di Sri Lanka Yang Semakin Kacau. Gambar: REUTERS/Dok. DINUKA LIYANAWATTE

BaperaNews - Sejumlah peristiwa dunia terbaru kami rangkum untuk Anda simak mulai dari krisis di Sri Lanka yang semakin hari semakin kacau hingga perkembangan perang Rusia dan Ukraina.

Berikut sejumlah berita internasional terbaru selengkapnya.

  1.       Presiden Sri Lanka dituntut mundur

Presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa dituntut untuk mundur di tengah krisis ekonomi yang semakin kacau di Sri Lanka, ia menutup telinga dari desakan tersebut namun ia janji akan serahkan sebagian besar kekuasaan eksekutifnya. Dalam pidato pertamanya sejak banyaknya warga yang demo menuntut ia mundur, ia menyebut akan mengumumkan pemerintah persatuan dalam hari-hari ke depan.

  1.       AS sebut China bangun kekuatan untuk kuasai Taiwan

Intelijen Amerika Serikat menyebut China saat ini sedang berusaha untuk bangun kekuatan militer yang bisa ambil alih dan menguasai Taiwan.  “Dalam pantauan kami, China sedang kerja keras untuk posisi militernya agar bisa menguasai Taiwan meski dalam intervensi kami” ujar Direktur Intelijen AS, Avril Haines hari Selasa 10 Mei 2022.

Baca Juga: Warga China Frustasi Lockdown Sampai Finlandia Gabung NATO

  1.       Gubernur Rusia mundur karena banjir sanksi

Empat orang Gubernur Rusia mengundurkan diri pada hari Selasa 10 Mei 2022 setelah Negara tersebut kebanjiran sanksi akibat operasi militer di Ukraina, Gubernurnya ialah yang memerintah di wilayah Kirov, Mari El, Tomsk, dan Saratov, mereka mengumumkan secara langsung, sedangkan Gubernur Ryazan menyatakan tidak akan mencalonkan diri pada periode pemilihan berikutnya.

  1.       Ukraina klaim serang wilayah Rusia untuk balas dendam

Satu orang dilaporkan tewas dalam serangan Ukraina ke wilayah barat daya Rusia pada hari Rabu 11 Mei 2022. “Sampai sekarang ada satu orang tewas, dia meninggal dunia ketika berada di ambulans, dan ada tiga orang yang terluka” ujar Gubernur Wilayah Barat Daya Belgorod, Vyacheslav Gladkov.

Rusia mengklaim serangan Ukraina tidak hanya ditujukan pada fasilitas sipil namun juga di 20 rumah dan gudang pupuk kimia, gudang senjata, dan wilayah yang dikuasai oleh kelompok separatis pro Moskow.

  1.       Pesawat jatuh di Kamerun

Sebuah pesawat di Kamerun yang mengangkut 11 orang jatuh di hutan pada hari Rabu 11 Mei 2022. Kementerian Transportasi Kamerun mengungkap hal itu tejadi karena kehilangan kontak radio, setelahnya sinyal menangkap pesawat sudah ada di tengah hutan dekat Nanga Eboko, 90 mil timur laut dari ibu kota Yaounde.

Baca Juga : Kim Jong Un Selamati Putin Saat Rusia Peringati Hari Kemenangan