Tidak Ribet! Kini Belanja di Malaysia Bisa Pakai Rupiah Via QRIS

Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia meresmikan kebijakan pembayaran lintas negara dengan QR Code. Kini belanja di Malaysia bisa bayar pakai rupiah melalui QRIS.

Tidak Ribet! Kini Belanja di Malaysia Bisa Pakai Rupiah Via QRIS
Belanja di Malaysia Bisa Pakai Rupiah Via QRIS. Gambar : Antara Foto/Dok. Ari Bowo Sucipto

BaperaNews - Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) kini meresmikan kebijakan implementasi terkoneksi pembayaran dua negara dengan QR Code pada Senin (8/5). Perilisan ini ialah tindak lanjut dari uji coba yang sukses dilakukan sejak (27/1) lalu tentang belanja di Malaysia.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut dengan adanya peresmian ini, warga Malaysia dan Indonesia kini bisa membayar ritel di kedua negara dengan memindai QR Code saja dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) atau dengan DuitNow QR Code.

QRIS bisa ditemukan di toko atau penjual offline dan online yang memakai layanan ini, yang menyediakan skema pembayaran ini.

Perry juga menyebut terhubungnya kerjasama keuangan lintas negara ini bisa menjadi bukti nyata peningkatan kerjasama Regional Payment Connectivity (RPC) yang bisa membuat sistem pembayaran kedua negara dilakukan lebih cepat, inklusif, transparan, terutama untuk UMKM.

Kebijakan tentang belanja di Malaysia pakai QRIS ini selaras dengan inisiatif G20 untuk mengembangkan peta jalan penguatan pembayaran antar negara atau lintas batas dan menjadi pencapaian signifikan untuk ASEAN 2023 serta jadi milestone implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2023.

Baca Juga : Asyik! Kini Jajan di Korsel Boleh Pakai Uang Rupiah

Kerjasama ini menurut Perry bisa membantu memberi lebih banyak pilihan untuk transaksi pembayaran lintas batas dan jadi kunci untuk tingkat efisiensi pembayaran.

“Ini bisa mendorong inklusi ekonomi dan keuangan digital di dalam kawasan, mendukung makroekonomi lebih stabil dan mendorong pemakaian uang lokal lebih luas untuk transaksi kedua negara dalam kerangka transaksi mata uang lokal” tutur Perry.

Sementara itu Gubernur BNM Nor Shamsiah menyampaikan dengan kebijakan baru ini, membuat ASEAN lebih terhubung, semakin banyak pengguna dari Indonesia maupun Malaysia yang mendapat manfaat dari pembayaran lintas batas ini untuk mendapat cara bayar yang lebih aman, efisien, dan mudah.

“Ini bisa membantu mendorong aktivitas ekonomi termasuk aktivitas wisata kedua negara” sambung Nor.

Sistem pembayaran kedua negara dengan QRIS dan DuitNow QR Code ini diyakini bisa melengkapi interkoneksi pembayaran bilateral antara Indonesia dan Malaysia dan akan terus berkembang di ASEAN, bisa mengembangkan kontribusi ASEAN lebih dinamis dan pengembangan kerjasama lainnya di kawasan.

Jadi untuk warga Indonesia yang bepergian ke Malaysia dan belanja di Malaysia maupun untuk warga Malaysia yang berkunjung ke Indonesia bisa lebih mudah untuk membayar belanjaannya, yakni dengan QRIS atau DuitNow QR Code yang lebih aman, efisien, dan mudah.

Baca Juga : Mulai Agustus 2023, QRIS Bisa Dipakai di Malaysia