Terkendala Internet, Tes SKD CPNS Akan Dijadwalkan Ulang

Tes SKD CPNS akan dijadwalkan ulang karena adanya kendala Internet, hal ini karena Jaringan internet Telkom mengalami gangguan

Terkendala Internet, Tes SKD CPNS Akan Dijadwalkan Ulang
Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemerintah Kabupaten Landak di Laboratorium Computer Assisted Test (CAT) BKPSDM Kabupaten Landak mengalami penundaan. Gambar : Suara Pemred

BaperaNews - Akibat terjadinya kendala internet Pemerintah akan segera menjadwalkan ulang tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di beberapa daerah yang awalnya dilaksanakan pada 20-21 September. Diketahui, penjadwalan ulang ini dilakukan usai terjadinya gangguan internet yang disebabkan oleh kabel milik PT Telkom yang rusak.

Tjahjo Kumolo selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang penjadwalan ulang tes SKD CPNS di  beberapa lokasi tersebut.

Melalui keterangannya pada hari Selasa (21/09/2021), Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan penjadwalan ulang untuk wilayah-wilayah terdampak. Pelaksanaan penjadwalan ulang ini diupayakan tidak terlalu menggeser jadwal secara keseluruhan.

Diketahui, terdapat dua lokasi yang mengalami gangguan internet yaitu di Mandiri BKN Balikpapan untuk instansi Kejaksaan Agung, serta di instansi Kementerian Pertanian.

Tjahjo Kumolo pun menghimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu merasa kecewa karena terjadinya gangguan teknis tersebut.

Tjahjo mengklaim bahwa ia telah meminta pihak Telkom untuk dapat dengan segera memperbaikinya. Diketahui, hingga kini jaringan tersebut belum pulih sepenuhnya.

Tjahjo mengatakan bahwa ia telah meminta pihak Telkom untuk bekerja keras dan dapat segera melakukan reroute terhadap jaringan telekomunikasi, akan tetapi hasil reroute menyatakan bahwa telkom belum berhasil untuk mengoptimalisasi jaringan.

Sebagai informasi, Sejak hari Minggu (19/09/2021), Jaringan internet Telkom mengalami gangguan akibat kabel laut yang melintasi Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, ruas Batam-Pontianak, mengalami kerusakan. 

Gangguan internet mulai dirasakan oleh masyarakat sekitar pukul 17.33 WIB. Kemudian, PT Telkom Group mengkonfirmasi mengenai kebenaran gangguan internet tersebut.

Terjadinya kerusakan kabel internet itu sangat berdampak pada penurunan kualitas layanan ISP PT Telkom Group di beberapa wilayah di Indonesia.

Mengutip dari Antara pada hari Selasa (21/09/2021), Satya Pratama selaku Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN mengatakan bahwa pihaknya (BKN) telah mengambil langkah mitigasi yang berupa pemanfaatan koneksi jaringan dari provider lain sebagai alternatif pada beberapa titik lokasi SKD yang memungkinkan.