Tanah Pertama Dari Ridwan Kamil Antar Jasad Eril Masuk Liang Lahat

Ridwan Kamil menyekop timbunan tanah pertama untuk antar sang anak yakni Eril masuk ke dalam liang lahat di Pemakaman Cimaung, Bandung.

Tanah Pertama Dari Ridwan Kamil Antar Jasad Eril Masuk Liang Lahat
Tanah Pertama Dari Ridwan Kamil Antar Jasad Eril Masuk Liang Lahat. Gambar : detik.com/Wisma Putra

BaperaNews - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyekop timbunan tanah pertama untuk proses pemakaman sang anak, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, di Pemakaman Cimaung, Banjaran, Bandung, Jabar hari Senin 13 Juni 2022.

Eril dikuburkan dengan peti, adzan dikumandangkan oleh Muzzamil Hasballah, jasad Eril dimasukkan ke liang lahat oleh sejumlah petugas dengan tali.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil bersama istrinya, Atalia dan anggota keluarga lainnya menyaksikan proses pemakaman Eril dari bibir liang lahat, setelah peti Eril masuk, Ridwan Kamil menyekop tanah pertama untuk menguburkan putranya dan kemudian dilanjutkan oleh petugas.

Eril tidak dimakamkan di makam umum, namun makam khusus untuk keluarga yang sudah disiapkan oleh Ridwan Kamil beberapa waktu sebelumnya dimana makam menyatu dengan proyek masjid. Lokasi makam berada di Jl. Raya Banjaran Pangalengan, 30 km dari Gedung Pakuan.

Baca Juga : Ridwan Kamil Bacakan Tulisan Yang Sangat Menyentuh Di Pemakaman Eril

Selain anggota keluarga, sejumlah pejabat dan rekan Eril dari Komunitas Jabar Bergerak Zilenial juga ikut hadir di pemakaman, selain keluarga diminta untuk menunggu di tenda yang telah disediakan ketika proses memasukkan jasad Eril ke liang lahat.

Setelah pemakaman selesai, barulah tamu dan warga mengerubungi makam Eril, mereka menyampaikan doa untuk Eril, mereka Nampak menitikkan air mata.

Ridwan Kamil mengucap terima kasih atas doa dari masyarakat, sepanjang perjalanan ke lokasi pemakaman, masyarakat juga berjejer di jalan, seolah warga Bandung turun ke jalan, untuk mengantar kepergian Eril.

“Terima kasih pada keluarga, sanak saudara kami yang selalu hadir dan mendoakan, serta kepada teman, sahabat Eril, sahabat kami dan orang tuanya, para alim ulama, tokoh masyarakat, dan seluruh hadirin yang mendoakan” ujar Ridwan Kamil.

Jenazah Eril kini sudah dimakamkan, nisan sudah dipasangkan, Ridwan Kamil dan istrinya juga sudah taburkan bunga di atas makam putra sulung mereka. Selamat jalan Eril, semoga mendapat tempat terbaik di sisiNya.