Survei BPS (Badan Pusat Statistik), DKI Jakarta Masuk Provinsi Dengan Tingkat Kebahagiaan Terendah Di Indonesia

Berdasarkan survei dari Badan Pusat Statistik (BPS), DKI Jakarta masuk didaftar provinsi dengan tingkat kebahagiaan terendah di Indonesia. Berikut Informasi Lengkapnya !

Survei BPS (Badan Pusat Statistik),  DKI Jakarta Masuk Provinsi Dengan Tingkat Kebahagiaan Terendah Di Indonesia
Ilutrasi Bundaran HI DKI Jakarta. Gambar : Unsplash.com/ Dok. Eko Herwantoro

BaperaNews - DKI Jakarta masuk di daftar Provinsi dengan kondisi tingkat kebahagiaan warga yang sangat rendah, hal ini diungkap oleh survei yang diadakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) dari survey pengukuran rasa bahagia tahun 2021, survei itu sendiri dilakukan tiap 3 tahun sekali dan mengambil sampel secara acak dan merata dari semua golongan masyarakat.

BPS (Badan Pusat Statistik) mengungkapkan ada 3 skala yang diukur dan dijadikan titik hitung dalam survey ini yakni perasaan, makna hidup, dan kepuasan hidup. Survei yang telah dirilis di Januari 2022 itu dilakukan serentak di semua kota atau kabupaten seluruh Indonesia termasuk DKI Jakarta

“Survei ini sudah mulai dilakukan sejak 1 Juli – 27 Agustus 2021, sampel atau orang yang dipilih untuk mengisi adalah acak atau random dari semua golongan masyarakat mulai dari ibu rumah tangga, pekerja, pengusaha, hingga warga kurang mampu, semuanya diambil sampel” demikian yang dinyatakan BPS (Badan Pusat Statistik).

BPS (Badan Pusat Statistik) juga menjelaskan jumlah sampel yang diambil dalam survey ini mencapai 75 ribu orang yang tersebar di 34 provinsi, pemilihan sampel dilakukan dengan cara wawancara dan mengisis kuesioner atau pertanyaan.

Baca Juga : Persiapan KTT G20, Jokowi Minta Renovasi Dan Pembanguan Di Sejumlah Provinsi

Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara yang terstruktur secara langsung dan online, alat bantu yang dipakai ialah scoring tentang kepuasan hidup, makna hidup, dan kepuasan dengan apa yang saat ini terjadi dalam hidupnya.

Hasilnya DKI Jakarta punya tingkat kebahagiaan paling rendah dari semua wilayah lain di Indonesia sedangkan tingkat kebahagiaan tertinggi dimiliki oleh warga Maluku Utara.

Berikut daftar Provinsi dengan tingkat kebahagiaan tertinggi :

  1.       Maluku Utara
  2.       Kalimantan Utara
  3.       Maluku
  4.       Jambi
  5.       Sulawesi Utara
  6.       Riau
  7.       Gorontalo
  8.       Papua Barat
  9.       Sulawesi Tengah
  10.   Sulawesi Tenggara

Sedangkan daftar provinsi dengan angka kebahagiaan terendah :

  1.       DKI Jakarta
  2.       Banten
  3.       Bengkulu
  4.       Papua
  5.       Nusa Tenggara Barat
  6.       Jawa Barat
  7.       Nusa Tenggara Timur
  8.       Sumatera Utara
  9.       Aceh
  10.   Sumatra Barat

Sementara Wakil Ketua DPR DKI Jakarta Mohammad Taufik mengungkap tingkat kebahagiaan di DKI Jakarta rendah karena saat ini terjadi kondisi pandemi yang memburuk yang seolah tak jelas kapan berakhirnya.

“Kenapa rakyat kita tidak bahagia? ya karena ada tekanan dari Covid-19 ini, mereka jadi merasa susah rezekinya banyak yang di PHK, ada PPKM susah jualan dll, susah bertemu teman-teman, apa-apa jadi tertekan” ucap Taufik Minggu 2/1/2021.