Cawapres Ganjar Pranowo Sudah Mengerucut ke Satu Nama

Nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 sudah hampir diputuskan oleh PDIP. Simak selengkapnya!

Cawapres Ganjar Pranowo Sudah Mengerucut ke Satu Nama
Cawapres Ganjar Pranowo Sudah Mengerucut ke Satu Nama. Gambar : Kompas.com/Kristianto Purnomo

BaperaNews - Baru-baru ini, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa nama Cawapres Ganjar Pranowo sudah mengerucut ke satu nama yang siap diumumkan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hasto Kristiyanto, yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat PDIP, menjelaskan bahwa keputusan mengenai Cawapres Ganjar Pranowo sudah matang, dan saat ini hanya menunggu momentum yang tepat untuk diumumkan. Namun, ia tidak memberikan tanggal pasti untuk pengumuman tersebut.

"Ya namanya sudah siap diputuskan. Keputusan menunggu momentum yang tepat, mohon bersabar," ujar Hasto Kristiyanto dalam Rapat Koordinasi Pemenangan Pileg dan Pilpres Pemilu 2024 di Surabaya.

Menurut Hasto, pengumuman tersebut akan menjadi tanggung jawab dari Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Ia juga menyinggung tentang kemungkinan adanya nama-nama baru yang muncul dalam upaya untuk membangun konsolidasi politik, mengingat tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa ini.

Salah satu tantangan yang diutarakan adalah terkait geopolitik, pangan, krisis energi, dan ketegangan di Timur Tengah yang dapat memengaruhi harga minyak. 

Baca Juga : Megawati Pinang Ridwan Kamil Sebagai Cawapres Ganjar Pranowo

Dalam konteks politik, Hasto Kristiyanto menekankan pentingnya menjaga kesetiaan politik terhadap rakyat sebagai sumber kekuatan. Ia menilai bahwa salah satu tokoh yang memiliki komitmen dan kesetiaan yang kuat terhadap rakyat adalah Ganjar Pranowo. Wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo nantinya akan diumumkan oleh Megawati Soekarnoputri.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bersama dengan partai koalisi yang meliputi PPP, Perindo, Hanura, dan Tim Pemenangan Nasional (TPN), sedang bersiap untuk mengumumkan Cawapres Ganjar Pranowo.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang atau OSO, juga memberikan informasi mengenai rencana pengumuman Cawapres Ganjar Pranowo. Menurut OSO, nama Cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo saat ini masih dalam proses pembahasan. 

"Cawapres, cawapres ini, wah ini kan kita belum putus. Kalau Ganjar itu ya memang ya kita dukung. Hanura mendukung. Di situ ada PDIP, ada PPP, ada Perindo, dan masih akan ada lagi, itu sedang kita bahas dan untuk wapresnya mudah-mudahan Rabu depan," ujar OSO.

Namun, OSO belum bisa memberikan rincian lebih lanjut mengenai siapa nama Cawapres yang dimaksud. Dia menyatakan bahwa koalisinya akan segera menyampaikan informasi tersebut kepada publik

Baca Juga : Duet Prabowo-Airlangga Menguat, Usai Megawati Pastikan Tolak Ganjar Bersanding