Stasiun Gambir Akan Pensiun? Kemenhub Buka Suara

Stasiun Gambir dikabarkan akan pensiun dan digantikan oleh Stasiun Manggarai, Kemenhub menjelaskan persoalan tersebut.

Stasiun Gambir Akan Pensiun? Kemenhub Buka Suara
Kemenhub menjelaskan tentang berita Stasiun Gambir yang akan pensiun. Gambar : Antaranews.com/Dok. Muhammad Adimaja

BaperaNews - Stasiun Gambir yang dikabarkan akan pensiun dan digantikan oleh Stasiun Manggarai viral di media sosial, sejumlah warganet bertanya-tanya tentang kepastian Stasiun yang berlokasi di Jakarta Pusat tersebut.  Sejumlah kekhawatiran warganet pun dituliskan dalam cuitan media sosial, Twitter.

Stasiun Gambir akan pensiun untuk kereta jarak jauh? Plis akses ke Stasiun Manggarai itu lebih ribet, jalan macet, kalau mau ke Jakpus Rasuna dsb lebih mumet aksesnya, bersinergi untuk perbaikan akses ke Manggarai, jangan tambah bikin macet” tulis seorang pengguna Twitter.

“Jangan lah sayang banget masa Stasitun Gambir yang indah dioffkan, padahal itu stasiun terdekat kalau gue mudik ga ribet kalau pas kena macet karena semua pintu kebuka kalau Senen jauh banget. Kalo gini ceritanya gua lebih pilih Senen kalau stasiun Gambir pensiun” tulis warganet lainnya.

Jubir Kemenhub, Adita Irawati pun menjelaskan, untuk saat ini Stasiun Gambir masih beroperasi seperti biasanya, tidak pensiun, dan juga masih melayani KAI Jarak jauh. “Sampai saat ini masih melayani jarak jauh” ujarnya (6/6).

Adita melanjutkan, saat ini pemerintah dan Kemenhub memang sedang membuat rencana DDT (Double Double Track) Manggarai-Cikarang, namun proyeknya masih berkelanjutan. Jika proyek DDT selesai nantinya, Stasiun Manggarai akan dikembangkan jadi Stasiun Sentral yang bisa melayani KAI jarak jauh, KRL, dan KA ke Bandara.

Baca Juga : Mulai Juli 2022 BPJS Kesehatan Hapus Kelas 1 2 3

“Saat ini masih proses dengan melakukan switch over, tentu soal infrastruktur penunjang akan disiapkan seperti akses dan parkirnya” sambung Adita Irawati.

Sesuai rencana yang ada dan desain awal, KAI jarak jauh memang akan berhenti di Stasiun Manggarai, artinya setelah Stasiun Manggarai selesai dibangun, Stasiun Gambir hanya akan melayani KRL saja.

Untuk saat ini juga belum bisa dipastikan kapan pembangunan Stasiun Manggarai akan selesai.

Kasubag Humas DJKA Kemenhub, Supardi juga menjelaskan tentang hal ini, ia menyebut, perpindahan masih menunggu proyek revitalisasi Stasiun Manggarai selesai. “Iya konsepnya seperti itu, KAI jarak jauh dipindah ke Stasiun Manggarai, itu akan dibangun untuk meningkatkan kapasitas. Jadi ini lebih mudah dikembangkan daripada Stasiun Gambir yang sudah mentok seperti itu, apalagi Stasiun Gambir kan masuk ring 1” tuturnya.

Jika rencana Kemenhub tersebut berjalan lancar, proyek diperkirakan selesai pada tahun 2025, jadi pada tahun 2025 nanti, kemungkinan Stasiun Gambir hanya akan melayani KRL saja, dan KAI jarak jauh dipindahkan ke Stasiun Manggarai.