Squid Game Diduga Plagiat Film Jepang Berjudul As The Gods Will, Benarkah ?

Serial Squid Game ramai di komentari netizen karena diduga plagiat film Jepang As The God Will

Squid Game Diduga Plagiat Film Jepang Berjudul As The Gods Will, Benarkah ?
Gambar : Netflixkr

BaperaNews - Serial Squid Game diduga plagiat film Jepang berjudul As The Gods Will. Dugaan tersebut muncul usai seorang warganet mengunggah gambar potongan adegan serial tersebut yang diduga meniru film Jepang yang telah dirilis pada tahun 2014.

Para penonton pun menyadari kesamaan jalan cerita antara serial Korea dengan film Jepang tersebut dimana sama-sama memperlihatkan adegan pertandingan bertahan hidup yang menggunakan permainan masa kecil, sebagaimana mengutip dari NME pada Rabu (22/09/2021).

Tak hanya dalam alur cerita, tetapi para warganet pun juga menyoroti teknik pengambilan gambar dari serial Squid Game yang dinyatakan mirip dengan film As The Gods Will.

Salah satu kemiripan yang diperlihatkan oleh banyak netizen yaitu pada episode pertama Squid Game yang bertemakan Red Light, Green Light.

Pada episode pertama tersebut memperlihatkan dimana awal dari 456 orang yang terlilit oleh hutang kemudian dikumpulkan di satu lokasi dan kemudian ditawarkan untuk bermain game agar dapat melunasi hutang mereka.

Kemudian mereka pun akhirnya memainkan game pertama yaitu Red Light, Green Light.

Para warganet pun menyoroti teknik pengambilan gambar close-up robot boneka raksasa dalam Squid Game yang tengah berjaga dalam game tersebut. Setelah itu, adegan perhitungan mundur jam di tengah permainan.

Akan tetapi, Hwang Dong-hyuk yang merupakan Sutradara dalam series ini menyatakan bahwa ia telah menyiapkan series Squid Game sejak tahun 2008.

Hal tersebut ia sampaikan untuk menanggapi berbagai pertanyaan mengenai kesamaan serial Squid Game dengan film yang telah tayang sebelumnya.

Hwang Dong-hyuk menyampaikan bahwa setelah ia debut melalui My Father (2007), ia membawa banyak komik dan kemudian tertarik dalam permainan bertahan hidup. Setelah itu ia membuatnya dalam versi Korea.

Melansir dari Korea Herald pada Kamis (23/09/2021), Hwang telah mulai untuk coba membuat series tersebut pada tahun 2008 dan telah menyelesaikan naskah pada tahun 2009.

Kala itu, Hwang menyatakan sangat sulit untuk mendapatkan investor serta para pemain untuk dapat membintangi cerita yang telah ia buat. Hwang menyampaikan bahwa ide tersebut belum diterima saat itu karena terdapat kekejaman yang brutal di dalam alur ceritanya.

Hwang melanjutkan bahwa ia harus menyimpan terlebih dahulu naskah tersebut, tak seperti tahun 2009 dimana sudah banyak orang yang tertarik dengan naskah yang telah ia buat. Hwang pun memutuskan untuk mengembangkan naskah awal yang telah ia buat menjadi serial Netflix.

Sebagai informasi, Squid Game telah berhasil masuk peringkat ketiga dalam 10 besar  serial secara global di Netflix. Drama tersebut meraih skor sebanyak 562 poin.

Dengan skor tersebut membuat Squid Game menjadi drama Korea dengan skor tertinggi di Netflix saat ini. Jumlah tersebut bahkan jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan perolehan Sweet Home, sebagaimana mengutip dari laman Insight Korea pada Selasa (21/09/2021).

Sebagai informasi, Serial Squid Game yang tayang di Netflix ini memiliki 9 episode dan sudah dapat disaksikan di Netflix.