Simak! Ini Bahaya Makan Daging Kurban Idul Adha Jika Berlebihan

Berikut 5 bahaya jika kamu terlalu banyak makan daging kurban saat hari Raya Idul Adha, salah satunya bikin mulut bau!

Simak! Ini Bahaya Makan Daging Kurban Idul Adha Jika Berlebihan
Berikut 5 bahaya jika kamu terlalu banyak makan daging kurban saat hari Raya Idul Adha, salah satunya bikin mulut bau! Gambar : Unsplash.com/Dok. José Ignacio Pompé

BaperaNews - Di hari raya Idul Adha biasanya kita akan mendapatkan daging sapi maupun kambing secara gratis. Biasanya para ibu-ibu akan mengolah daging kurban tersebut menjadi makanan yang lezat, sepertinya halnya gulai kambing, semur, hingga rendang.

Apalagi sekarang juga anak muda akan olah daging kurban tersebut menjadi sate, karena memang tradisi kayaknya bikin sate pas hari raya Idul Adha. Nah perlu kalian ketahui, makan daging kurban terlalu berlebihan sangat bahaya loh untuk kesehatan.

Walaupun daging kurban tersebut sudah diolah menjadi makanan yang lezat, jangan sampai terlalu berlebihan ya mengkonsumsinya.  Untuk itu, tim Baperanews.com, akan memberikan informasi terkait bahaya makan daging kurban Idul Adha jika berlebihan.

Berikut bahaya terlalu banyak makan daging kurban:

  1. Kadar Kolesterol Naik

Daging merupakan jenis makanan protein yang mengandung banyak lemak dan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Apabila kolesterol naik, maka hal itu dapat memicu berbagai macam penyakit.

Diantaranya banyaknya penyakit akibat kolesterol, dua diantaranya adalah stroke dan jantung. Daging sapi mengandung banyak lemak, oleh karena itu kalian harus berhati-hati dalam mengkonsumsi daging sapi.

Nah siapa nih yang punya penyakit kolesterol? Ingat, jangan terlalu banyak makan daging kurban pas Idul Adha yaa! 

  1. Dehidrasi

Selain kolesterol, bahaya terlalu banyak makan daging kurban salah satunya adalah dehidrasi. Walaupun daging memiliki kandungan banyak protein, akan tetapi jika kamu mengkonsumsinya terlalu berlebihan justru bisa menyebabkan bahaya terhadap ginjal. 

Baca Juga : Selain Sate, Berikut Ide Masakan Dari Olahan Daging Idul Adha

Kenapa bisa bahaya terhadap ginjal? Karena, jika ada protein yang berlebihan di dalam tubuh kamu, hal itu bisa menyebabkan ginjal memproduksi urine yang lebih pekat dan membuat kita tanpa sadar telah kekurangan asupan air dalam tubuh.

Apabila dehidrasi semakin parah, itu bisa menyebabkan kulit pada tubuh kalian terlihat kusam, nafsu makan bertambah dan akibatnya kamu bisa menderita obesitas. 

  1. Metabolisme dalam tubuh terganggu

Metabolisme dalam tubuh akan terganggu jika kamu makan daging kurban terlalu berlebihan. Kenapa? karena daging mengandung banyak lemak daripada serat yang bisa menghambat proses usus mencerna makanan. 

Itu artinya bahaya terlalu banyak makan daging sapi  harus diwaspadai secara baik-baik. Jika kamu ingin makan daging sapi maupun kambing, kamu harus bisa mengimbanginya dengan buah dan sayuran, dan jangan lupa untuk membatasi daging sapi yang kamu makan. 

  1. Bisa bikin sakit kepala

Bahaya terlalu banyak makan daging selanjutnya adalah bisa meningkatkan sakit kepala seperti migrain atau bisa lebih parah lagi dari itu. Hal tersebut bisa terjadi karena kamu mengalami dehidrasi seperti yang dijelaskan di atas.

Apabila sakit kepala tersebut tidak segera ditangani, maka hal itu bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius seperti stroke. Tidak mau kan hal itu terjadi? makanya jangan makan daging kurban banyak-banyak ya! 

  1. Mulut bisa bau

Bahaya terlalu banyak makan daging yang terakhir adalah bisa menimbulkan bau mulut. Kenapa? karena daging bisa melepaskan zat ketones yang dapat meningkatkan bau mulut yang disebabkan oleh peradangan di dalam tubuh.

Terlalu banyak mengkonsumsi daging juga bisa menyebabkan laju peradangan semakin cepat, sehingga bisa menimbulkan kerusakan di sel-sel mulut yang menjadi pemicu bau mulut. Tak hanya itu, zat ketones juga dapat merusak fungsi organ-organ di dalam tubuh kamu.

Nah itulah bahaya jika kamu terlalu banyak makan daging. Ingat, kesehatan harus didahulukan ya dari pada makanan yang kelihatannya lezat namun bisa menimbulkan penyakit dalam tubuh kamu. 

Baca Juga : Menjelang Idul Adha, Berikut 7 Tips Merebus Daging Agar Cepat Empuk